suplemenGKI.com

Kolose 3:12 – 17

HIDUP BARU YANG DIPIMPIN OLEH KRISTUS

 

Pengantar

Selamat Natal…..

Natal biasanya identik dengan baju baru, pesta, kado Natal dan lain sebagainya. Namun di tengah-tengah pandemi Covid-19, umat Allah diajak untuk memaknai Natal secara berbeda. Natal tahun ini diwarnai  suasana keprihatinan. Di mana bangsa kita masih berada dalam situasi dan suasana pemulihan, baik ekonomi, sosial, politik, dan lingkungan. Tidak sedikit orang hidup dalam kesulitan dan penderitaan saat ini. Tidak sedikit berita tentang kebencian, kekerasan dan kemarahan mewarnai media-media. Sebagai Gereja dan sebagai umat pilihan Allah apakah yang dapat dilakukan di tengah situasi dan kondisi saat ini?

Pemahaman

Ayat 12 – 17        Siapakah umat Allah menurut Paulus? Hal apakah yang harus dimiliki oleh orang-orang pilihan Allah?

Paulus menuliskan berbagai nasihat penting kepada jemaat Kristen di kota Kolose. Paulus mengingatkan bahwa jemaat Kristen adalah orang-orang pilihan Allah yang telah dikuduskan. Oleh karenanya, jemaat diminta untuk menjadikan kasih sebagai dasar pijakan dalam menjalani kehidupan bersama. Secara konkrit kasih itu terwujud dalam sikap hidup yang berbelas kasihan terhadap orang-orang yang membutuhkan, memiliki kemurahan hati dan kelemahlembutan, rendah hati, sabar dan mau saling mengampuni.

Paulus menambahkan bahwa sebagai sebuah persekutuan, jemaat Kristen juga diminta untuk hidup dalam damai sejahtera. Itu berarti setiap orang harus membuka diri untuk dipimpin oleh Kristus. Sebab hanya dalam Kristuslah setiap orang dapat merasakan damai sejahtera, dan hanya di dalam Kristuslah persekutuan bisa dipenuhi damai sejahtera.

Sebagai gereja di tengah pandemi, menjadikan kasih sebagai dasar pijakan dalam hidup bersama tentu sangat penting. Tanpa kasih, setiap orang hanya akan hidup individualis, mau menang sendiri dan tidak peduli pada orang lain. Hal ini tentu tidak dikehendaki oleh Allah. Allah telah memilih dan menjadikan kita umat pilihan-Nya. Maka Allah menghendaki umat hidup dalam terang dan menjadi teladan. Oleh karena itu hal yang penting untuk dilakukan adalah setiap orang harus membuka hati dipimpin oleh Kristus. Kristus telah lahir dan hadir di tengah-tengah kehidupan umatNya.

Refleksi
Hari ini umat pilihan Allah di seluruh dunia merayakan kelahiran dan kehadiran-Nya. Kristus adalah sumber damai sejahtera. Itu berarti di luar Kristus tidak ada damai sejahtera. Damai sejahtera memperoleh tekanan penting dalam hidup persekutuan. Tanpa damai sejahtera maka persekutuan yang rapuh akan mudah retak.

Tekadku
Ya Allah, terima kasih atas kelahiran dan kehadiran Yesus Kristus Juruslamat kami. Kami buka hati, pikiran dan diri kami untuk dituntun oleh damai sejahtera-Mu. Biarlah kami hidup saling mengasihi baik di dalam keluarga, persekutuan maupun masyarakat.

Tindakanku
Membangun hubungan yang penuh kasih dengan sesama anggota keluarga, saling mengampuni, dan berkomunikasi dengan lemah lembut. Begitu juga dalam persekutuan dan hidup bermasyarakat selalu menebar kata-kata yang lemah lembut, tidak menebar kebencian dan permusuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*