suplemenGKI.com

Sabtu, 25 April 2020

24/04/2020

1 Petrus 1:17-23

JAGALAH KEKUDUSAN HIDUPMU DAN KASIH PERSAUDARAAN

 

Pengantar
Surat ini diperkirakan ditulis antara tahun 63-64 Masehi. Masa-masa yang sulit bagi jemaat-jemaat Kristen diberbagai wilayah termasuk di wilayah Asia Kecil. Surat pertama Petrus ditulis dengan tujuan menguatkan jemaat Kristen yang tersebar diwilayah Asia Kecil. Surat ini berisi berbagai nasihat dan pedoman dalam kehidupan sebagai orang Kristen dan sebagai Persekutuan Kristen. Dengan diberikannya surat ini, diharapkan jemaat-jemaat Kristen di Asia kecil dapat hidup seturut kehendak Allah dan mampu bertahan ditengah-tengah tekanan yang cukup besar.

Pemahaman

Ayat 17-21            Mengapa jemaat Kristen dituntut untuk tetap hidup takut akan Allah ?

Ayat 22-23            Mengapa kasih persaudaraan perlu terus dipupuk dan dibangun?

Petrus didalam suratnya menyampaikan nasihat agar masing-masing individu dalam jemaat Kristen di Asia kecil tetap menjaga kekudusan hidup mereka. Kekudusan hidup dapat terwujud apabila setiap anggota jemaat hidup takut akan Allah (ayat 17). Setiap anggota jemaat dan setiap individu perlu menjaga agar mereka tetap hidup takut akan Allah. Mengapa ? karena setiap orang sudah ditebus oleh Kristus dan tidak lagi ada dibawah kekuasaan dosa. Setiap orang sudah dibebaskan melalui pengorbanan Kristus sehingga tidaklah benar apabila jemaat masih hidup dalam dosa (ayat 18-20)

Selain menjaga kekudusan hidup, jemaat juga didorong hidup saling mengasihi satu dengan yang lain. Setiap orang dituntut untuk membangun relasi yang baik dengan sesamanya dalam persekutuan. Tidak hidup egois dan mementingkan diri sendiri.

Berbagai nasihat yang disampaikan Petrus tidak hanya sesuai dengan situasi dan kondisi di zaman Perjanjian Baru. Dalam situasi saat ini nasihat Petrus sangat relevan. Ditengah situasi dan keadaan saat ini, setiap orang tetap dituntut untuk hidup takut akan Allah. Namun yang sama pentingnya adalah bagaimana kasih persaudaraan itu terus dibangun dan dijaga. Tidak sedikit orang hidup dalam kesulitan saat ini, dan inilah waktu bagi setiap orang untuk memperlihatkan kasih persaudaraan. Namun bukan hanya dilingkup jemaat tetapi juga masyarakat.

Refleksi
Takut akan Allah merupakan awal terwujudnya kekudusan hidup. Sikap takut akan Allah akan menjauhkan setiap orang dari perilaku yang melanggar perintah Allah. Dengan takut akan Allah, kasih yang dinyatakan kepada sesama adalah kasih yang tulus dan ikhlas

Tekadku
Ya Allah mampukan aku hidup berkenan dihadapan-Mu. Ajar aku memiliki kepedulian terhadap sesamaku

Tindakanku
Membantu sesama yang mengalami kesulitan ekonomi, khususnya yang menjadi korban situasi dan kondisi saat ini

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«