suplemenGKI.com

Wahyu 1:7-8

MENANTI KEDATANGAN SANG RAJA

Pengantar
Menunggu adalah hal yang paling sulit dilakukan oleh siapapun. Menunggu menuntut kesabaran dan ketekunan. Seorang suami yang mendampingi istri dimasa kehamilannya tentu tidak sabar menyaksikan kelahiran anaknya. Seorang suami yang sedang menunggu istri berbelanja juga tentu tidak sabar untuk segera kembali pulang dan lain sebagainya. Ada banyak contoh yang memperlihatkan bahwa menunggu adalah pekerjaan yang membosankan dan membuat tidak nyaman.

Pemahaman

Ayat 7-8               Siapakah yang akan datang dengan awan-awan ?

Ketika tujuh jemaat di Asia Kecil menghadapi berbagai macam tekanan dan penganiayaan. Yohanes menguatkan mereka melalui surat yang dikirimkannya. Melalui surat yang dikirimkan, Yohanes mengingatkan jemaat untuk tetap mengingat pengorbanan Kristus dan kesetiaan-Nya. Umat diajak untuk tetap setia menantikan kedatangan Kristus dengan penuh pengharapan.

Situasi penganiayaan yang dihadapi oleh jemaat Kristen di Asia Kecil dikhawatirkan membuat mereka meninggalkan Kristus. Sebab bukanlah hal mudah jika hidup dalam penganiayaan. Dikejar-kejar, dipukuli dan mengalami tindakan kekerasan lainnya. Tuntutan untuk tetap setia menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Yohanes menyampaikan nasihat agar jemaat hidup dalam kesetiaan ditengah-tengah penantian kedatangan Kristus. Godaan dunia ada dihadapan jemaat. Pilihan tetap berada ditangan jemaat Kristen pada waktu itu. Tetap setia dalam iman dan tetap setia menantikan kedatangan Kristus atau memilih kenikmatan duniawi. Pilihan untuk tetap mengikut Kristus dan setia menantikan kedatangan-Nya mengandung konsekuensi tetap hidup dalam tekanan di dunia namun hidup penuh sukacita di kerajaan-NYA atau meninggalkan Kristus dan hanya bisa menikmati kenikmatan duniawi yang tidak kekal.

Refleksi
Manakah yang akan saya pilih: kenikmatan duniawi yang tidak kekal atau sukacita surgawi yang dijanjikan Kristus bagi kita yang setia kepada-Nya?

Tekadku
Ya Allah, kuatkan dan mampukan aku agar tetap setia ditengah penantian akan kedatangan-MU. Jangan biarkan aku jatuh dalam godaan dunia ini. Namun tolong aku tetap hidup setia. Terlebih lagi, mampukan aku untuk hidup melakukan perintah-Mu

Tindakanku
Hidup berpengharapan dan tetap menjadi berkat ditengah kesulitan dan kesusahan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*