suplemenGKI.com

SABTU, 24 JUNI 2017

23/06/2017

ROMA 6:5-11

MENYALIBKAN DOSA

 

Pengantar
Hidup dalam kekudusan tentu menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang yang telah menerima anugerah keselamatan. Mengapa? Karena keselamatan yang Allah anugerahkan harus direspon secara positif. Bentuk respon positif adalah dengan mengucapsyukur setiap waktu dan hidup menjauhkan diri dari hal-hal negatif yang Allah tidak berkenan.

Pemahaman

Ayat 5-8      Mengapa setiap orang yang telah diselamatkan tidak seharusnya hidup diperhamba oleh dosa?

Ayat 9-11    Kepada siapa orang yang telah diselamatkan harus berbakti?

Paulus memberikan pemahaman kepada jemaat Kristen di Roma bahwa kematian dari dosa telah dialami oleh setiap orang yang yang telah diselamatkan. kematian dari dosa berarti tidak lagi hidup diperhamba oleh dosa. Jadi orang-orang yang telah diselamatkan adalah orang-orang yang telah bebas dan merdeka dari dosa (ayat 5-8). Itulah sebabnya Paulus mengingatkan bahwa setiap orang yang telah diselamatkan sudah tidak lagi hidup bagi dosa tetapi hidup bagi Allah (ayat 9-11). Hal ini menegaskan bahwa sudah sepatutnyalah orang yang diselamatkan mempersembahkan hidupnya  bagi Allah.

Tidak sedikit orang yang menyadari bahwa hidup sebagai orang yang diselamatkan mengandung konsekuensi. Namun seringkali hal itu disepelekan. Akibatnya banyak orang telah menerima Kristus sebagai juru selamat dan telah menerima anugerah keselamatan tetapi masih hidup dalam dosa.

Uraian Paulus dalam bacaan mengingatkan setiap orang untuk menyadari bahwa Kristus telah menebus umat dari dosa. Dosa telah ikut tersalib bersama Kristus. Sudah seharusnya umat hidup dipimpin oleh Roh dan bukan lagi oleh kedagingan.

Refleksi
Sudahkah kita menghayati karya penebusan Kristus? Sudahkah kita hidup benar? Sudahkah kita memberi diri dipimpin oleh Roh dalam menjalani kehidupan?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami hidup dalam kasih karunia-Mu. Tolong kami agar dipimpin oleh Roh-Mu sehingga kami dimampukan menjalani hidup yang penuh dengan cobaan

Tindakanku
Tekun dalam doa dan merenungkan firman Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«