suplemenGKI.com

Dekat Dengan Sang Sumber

Yohanes 1:1-9

 

Pengantar
Untuk dapat berfungsi dengan baik, segala sesuatunya harus berada lekat dan erat dengan sang sumber. Setiap peralatan elektronik dapat berfungsi dengan baik, ketika mereka berada dekat dengan sang sumber listrik, karena sumber listrik itulah yang akan menghidupkan setiap benda-benda elektronik tersebut.Segala sesuatunya harus dekat dengan dengan sumbernya, baru bisa berjalan dengan baik. Di dalam kegelapan, kita harus dekat dengan terang. Di dalam menjalani hidup pun, kita harus dekat dengan Sang Sumber hidup. Sesungguhnya Sang Sumber itu telah datang di tengah-tengah kita, tinggal bagaimanakah  respon kita, apakah kita mau berada dekat dengan Sang sumber terang dan mau memancarkan terang-Nya? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

Ayat 1-5: Bagaimanakah Injil Yohanes menjelaskan tentang  identitas Kristus di dunia?

Ayat 6-9: Apakah peran  Yohanes terkait dengan kehadiran Kristus?

Pada bagian awal dikatakan bahwa Kristus adalah Firman, Firman bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah sendiri. Dia yang telah menjadikan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Bahkan dikatakan bahwa Dia adalah terang dan hidup itu sendiri. Dia adalah Sumber segala sesuatu. Terang dan hidup merupakan dua hal yang penting di dalam kehidupan manusia, manusia akan jauh dari kegelapan dan juga akan dihalaukan dari kegelapan ketika manusia lekat dengan kedua sumber itu.

Yohanes telah memberikan kesaksian yang meyakinkan tentang hadirnya Kristus, Sang Sumber terang. Sang Terang itu datang ke dunia, Dia hidup bersama dengan manusia di tengah-tengah dunia ini.  Dia berada di dekat kita. Apakah kita telah hidup dekat dengan Sang Sumber Terang? Maukah kita juga membawa terang itu kepada banyak orang?

Refleksi
Keluarlah dari ruangan dan nikmatilah sinar matahari yang menerangi pagi. Syukurilah terbitnya matahari hingga menyinari bumi. Apakah Anda menyadari bahwa matahari telah memancarkan terang kasih Allah yang menerangi kita? Apakah Anda juga menyadari bahwa Anda pun dapat memancarkan terang kasih Allah bagi mereka yang sedang dilanda kegelapan hidup?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku untuk terus mendekat kepada-Mu hingga terang-Mu terpancar bagi sekitarku.

Tindakanku
Aku akan mewarnai dan menerangi kehidupan di sekitarku yang sedang dilanda kegelapan  ketidakjujuran dengan hidup jujur, apa pun resikonya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*