suplemenGKI.com

Sabtu, 23 Mei 2020

22/05/2020

PUJILAH TUHAN, DIA DAHSYAT!

Mazmur 68:33-36

 

Pengantar

Pujilah TUHAN; segala kuasa pada-Nya! Sayap kasih-Nya yang aman mendukung anak-Nya!
Tiada terp’ri yang kepadamu dib’ri; tidakkah itu kaurasa?”.

Bait kedua lagu “Pujilah, TUHAN, Sang Raja” ( Kidung Jemaat 10 ) mengajak kita untuk memuji TUHAN. Orang beriman bisa memuji TUHAN sebab merasakan kuasa, kasih dan dukungan TUHAN di sepanjang kehidupan ini? Apakah hidup kita penuh dengan pujian kepada TUHAN? Marilah kita merenungkannya! 

Pemahaman

  • Ayat 33: Mengapa Pemazmur mengajak  kerajaan-kerajaan bumi menyanyi dan bermazmur bagi  TUHAN?
  • Ayat 34-36: Siapakah ALLAH yang diimani Pemazmur dalam ayat-ayat ini?

Mazmur 68 mempersaksikan pengalaman hidup umat bersama TUHAN. Kala umat Israel pindah ke tempat yang baru, mereka mengalami hidup yang tidak mudah. Mereka harus menghadapi penduduk asli dan mempertahankan tanah yang TUHAN anugerahkan. Sebagai pendatang baru, mereka terancam oleh kekuatan militer kerajaan-kerajaan di sekeliling  yang tidak menyukai kehadiran mereka. Sebab itu mau tidak mau Israel harus berperang, karena itulah cara pemecahan konflik antar bangsa yang berlaku pada waktu itu. Walau tak punya bala tentara, pemazmur meyakini bahwa hanya dengan bergantung pada kemenangan ALLAH saja maka mereka akan selamat. Untuk itu pemazmur mengingat-ingat kejayaan dan pertolongan ALLAH di masa silam. Pemazmur yakin bahwa hanya ALLAH yang sanggup melepaskan umat-Nya dari maut (ayat 20-21)

Pemazmur mengajak kita semua menyadari akan hebatnya karya ALLAH yang memimpin Israel keluar dari Mesir. Israel melalui perjalanan itu dengan perarakan, nyanyian, permainan musik, dan rombongan-rombongan dari tiap suku. Israel yang menyadari kekuatan ALLAH yang telah bertindak bagi mereka menaikkan pujian kepada-Nya (ayat 25-29). ALLAH pun mengusir binatang-binatang liar, juga orang-orang raksasa yang membahayakan Israel, bahkan membuat orang-orang Mesir memberikan harta kekayaan kepada umat Israel (ayat 31-32). Ternyata, kebesaran ALLAH ini disadari oleh raja-raja dari negeri lain dengan membawa persembahan (ayat 30). Kemegahan dan kekuasaan ALLAH yang nyata atas Israel selayaknya dinyanyikan dan dipujikan oleh seluruh kerajaan-kerajaan di bumi. ALLAH kita dahsyat bukan hanya dalam tindakan-Nya terhadap Israel, bahkan dalam alam semesta dan di tempat kudus-Nya (ayat 33-36).

Apakah kita juga merasakan kedahsyatan dan kehebatan karya kasih dan kuasa ALLAH dalam kehidupan ini? Perjalanan hidup ini memang tak selalu aman dan nyaman. Terkadang kita harus berada dalam perjalanan hidup yang menegangkan dan menakutkan. Tapi kuasa dan karya kasih TUHAN selalu dirasakan orang beriman di sepanjang sejarah kehidupan. Bila umat Israel dan Pemazmur bisa bersaksi tentang betapa hebat dan dahsyat-Nya TUHAN, maka kita juga bisa. Marilah kita melantunkan puji-pujian kepada TUHAN sebab kehebatan dan kedahsyatan kuasa dan karya kasih-Nya telah kita rasakan. Marilah kita juga menjadikan hidup kita sebagai buku kesaksian yang berisi kisah pertolongan dan karya Allah di sepanjang hidup. Biarlah orang lain takjub dan ikut memuji TUHAN kala melihat kuasa dan karya kasih TUHAN dalam kehidupan kita.

Refleksi
Dalam keheningan, gambarkanlah peta perjalanan hidup Saudara sejak kecil sampai sekarang ini.  Tandailah dengan gambar senyuman  dan tulislah “Puji TUHAN” di setiap garis usia bila Saudara merasakan dahsyatnya kuasa dan karya kasih TUHAN yang Saudara alami. Berapa banyak senyuman puji TUHAN yang telah Saudara miliki? Di hari ini, apakah Saudara juga bisa tersenyum dan mengatakan “Puji TUHAN”? Semoga kita semua bukan hanya mendengar dahsyatnya kuasa dan karya kasih TUHAN tapi juga mengalaminya di sepanjang kehidupan.

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk memuji-muji nama-Mu sebab karya-Mu dahsyat dalam hidupku.

Tindakanku

  • Setiap hari aku akan menuliskan minimal satu kesaksian tentang dahsyatnya kuasa dan karya kasih ALLAH dalam hidupku disepanjang hari ini.
  • Setiap hari aku akan bernyanyi untuk  memuji TUHAN minimal satu lagu.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«