suplemenGKI.com

Sabtu, 23 Mei 2015

22/05/2015

Roma 8:26-27

BERTEKUN DALAM DOA

 

Pengantar
Pernahkah kita menghitung berapa kali kita berdoa dalam satu hari? Benarkah kita berdoa setiap waktu? Ada ungkapan doa adalah nafas hidup orang beriman. Ungkapan ini sering kita dengar. Namun adakah doa benar-benar menjadi nafas hidup kita? Menurut Paulus, doa merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam situasi dan kondisi apapun. Dalam teks bacaan hari ini, Paulus menasehatkan jemaat agar tetap bertekun dalam doa. Paulus menyampaikan nasehat ini agar jemaat Kristen dimampukan menghadapi penderitaan.

Pemahaman

Ayat 26    Mengapa Paulus mengajak jemaat untuk tekun dalam doa?

Ayat 27    Apa yang Paulus maksudkan dengan “berdoa untuk orang-orang kudus”?

Menghadapi tantangan seberat apapun akan terasa lebih mudah menghadapinya jika tetap bertekun dalam doa. Itulah yang Paulus hendak sampaikan kepada jemaat Kristen di kota Roma. Paulus mengajak jemaat untuk berdoa ditengah-tengah penderitaan yang mereka alami. Karena di dalam doa, RohKudus bekerja menolong umat mengungkapkan beban pergumulan dan penderitaan yang mereka alami kepada ALLAH (ayat 26). Bahkan Roh Kudus juga yang akan bekerja menguatkan dan memampukan orang-orang kudus untuk menghadapi pergumulan dan penderitaan mereka. Sebagai catatan, orang-orang kudus yang dimaksudkan oleh Paulus bukan orang-orang tertentu dengan jabatan tertentu, namun menunjuk pada orang-orang yang telah menerima Kristus atau pada jemaat Kristen itu sendiri (ayat 27).

Refleksi
Sudahkah doa mendapat tempat terpenting dalam hidup kita? Sudahkah doa menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup kita?

Tekad
Ya ALLAH, tolong kami untuk senantiasa bertekun didalam doa, agar kami dimampukan menghadapi berbagai tantangan dan pergumulan

Tindakan
Belajar untuk menyediakan waktu bertekun dalam doa pada pagi, siang, dan malam hari

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«