suplemenGKI.com

Yakobus 4:7-8

MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN ALLAH

 

Pengantar
Kita sering melihat hiasan di dinding rumah atau hiasan stiker kendaraan yang bertuliskan “TUHAN YESUS SAHABATKU”. Bahkan kita juga sering mengucapkan hal itu. Menjadi sebuah pertanyaan sungguhkah Tuhan Yesus telah menjadi sahabat kita? Atau pernahkah kita mengukur sejauh mana kedekatan kita dengan Allah? Apakh kedekatan itu berada dilevel tertinggi? Atau sedang-sedang saja, atau sebenarnya hubungan kita dengan Allah sangat renggang.

Pemahaman

Ayat 7              Bagaimana cara melawan kuasa iblis dalam hidup menurut Yakobus?
Ayat 8              Bagaimana sikap hidup orang Kristen yang setia kepada Allah?

Yakobus menyampaikan peringatan yang sangat tegas kepada jemaat Kristen bahwa tunduk kepada Allah merupakan cara terbaik mengatasi godaan kuasa-kuasa iblis. Kata “tunduk” di sini yang dimaksudkan Yaobus di sini adalah bentuk ketaatan mutlak tanpa kompromi (ay. 7).

Ketaatan mutlak yang dimaksudkan adalah taat pada kekuatan Allah. Ketaatan yang diperlihatkan Abraham ketika diperintahkan Allah untuk meninggalkan kampung halamannya pergi ke tanah perjanjian.

Selain ketaatan yang mutlak kepada Allah, untuk membangun hubungan yang akrab dan harmonis dengan Allah perlu adanya inisiatif untuk mendekatkan diri kepada Allah. Mendekatkan diri kepada Allah berarti dengan tegas menjauhkan diri dari hawa nafsu duniawi.

Membangun relasi atas hubungan dengan Allah tidalah hanya sebatas kata-kata Yakobus mengingatkan umat bahwa membangun hubungan kedaulatan dengan Allah menuntut komitmat yang kuat. Komitmen untuk taat secara total kepada Allah dan menjaga diri dari sikap hidup atau perintah yang jahat dan tidak berkenan kepada Allah.

Refleksi
Sudahkah aku memiliki hubungan yang harmonis dengan Allah?

Tekadku
Ya Allah tolong kami agar dapat memiliki hubungan yang akrab dan harmonis dengan-MU

Tindakanku
Tekun berdoa dan bersaat teduh

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*