suplemenGKI.com

SABTU, 22 MEI 2010

21/05/2010

YOHANES 14 : 8 – 17.

PENOLONG YANG DIJANJIKAN.

Bagi Tuhan Yesus hidup dalam pergumulan dan tantangan telah menjadi bagian dari hidupNya. Tapi bagi para murid dan orang percaya masih perlu pembuktian, dan itu perlu perjuangan. Mengingat bahwa jalan hidup terkadang begitu sulit dan berliku, maka diperlukan seorang penolong. Dan penolong yang selalu sanggup menopang setiap kesulitan kita adalah Roh Kudus. Dan Tuhan Yesus menjanjikan seorang Penolong kepada para murid.

  1. Siapa penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus ? (ayat 16).
  2. Apa yang akan dilakukan oleh Penolong kepada kita ? (ayat 16).
  3. Mengapa IA di sebut sebagai Roh Kebenaran ? (ayat 17)
  4. Apa yang akan dikerjakan oleh Roh Kebenaran ? (ayat 17).

RENUNGAN.

Tuhan Yesus tidak akan membiarkan para muridNya juga kita dalam pergumulan hidup kristiani kita berjuang sendirian. Tuhan Yesus akan mengirim seorang Penolong yang lain. Kata yang dipakai dalam bahasa Yunani adalah Parakletos, yang secara harafiah berarti “Seorang yang dipanggil untuk mendampingi agar menolong”. Jika Tuhan Yesus mrmohon kepada BapaNya agar BapaNya memberikan seorang Penolong sehingga para muridNya dapat menjalankan tanggungjawab mereka dengan baik, hal itu untuk meyakinkan para murid agar mampu, kuat, tegar dalam melaksanakan tugas.

Penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus adalah Roh Kudus. Roh Kudus akan menyertai kita selama-lamanya (ayat 16). Selama tiga setengah tahun para murid selalu bersama dengan Tuhan Yesus, mereka telah menjalin hubungan yang harmonis dengan Tuhan Yesus. Mereka adalah para murid pilihan yang akan mengemban tugas yang cukup berat. Dan tidak lama lagi Tuhan Yesus harus menyelesaikan karya Maha besar diatas kayu salib, mati, bangkit dan naik ke Sorga. Pendek kata Tuhan Yesus akan berpisah dengan murid-muridNya. Untuk itulah jika Tuhan Yesus akan memberikan seorang Penolong yaitu Roh Kudus yang akan menyertai setiap langkah juang murid-murid akan dapat menjadikan para murid tetap tegar dan kuat. Apalagi penyertaan Roh Kudus itu kapan saja pasti hal itu dapat memberi semangat kepada murid-murid.

Apakah itu hanya berlaku bagi para murid Tuhan Yesus ? bagaimana dengan kita, apa juga mendapat penyertaan dari Roh Kudus ? Roh Kudus diberikan kepada para murid juga setiap orang percaya, termasuk kita, untuk menolong dan menyertai setiap orang percaya, termasuk kita. IA ( Roh Kudus ) disebut sebagai Roh Kebenaran, yang akan memimpin kita kepada kebenaran Illahi. Penyertaan Tuhan melalui Roh Kudus membawa setiap murid-murid dan orang percaya kepada kebenaran Tuhan. Itu melangkah.  Di sini kita dapat memahami peranan Roh Kudus dalam penyertaanNya kepada orang-orang percaya, sehingga orang percaya tatap terjaga imannya.

Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan karena kita memiliki Roh Kudus yang dekat dengan kita, IA tinggal di hati kita dan selalu siap menolong kita, kapan saja. Oleh sebab itu jangan dukakan Roh Kudus, sebab IA tinggal di hati anda dan siap menolong anda juga siap menegur anda kalau anda salah. Amin.

“Roh Kudus diberikan kepada setiap otang percaya, termasuk kita, untuk menolong dan menyertai orang percaya termasuk kita”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«