suplemenGKI.com

Memelihara Iman

 

Yudas 1:17-25

 

Pengantar
                Banyak orang percaya merasa bahwa imannya sudah kuat atau baik, namun tanpa disadari pemahaman iman yang kuat itu sangat dangkal sekali. Ada yang mengatakan kalau aku sudah setiap minggu ke gereja, imanku pasti baik atau kuat, kalau aku sudah ambil pelayanan di gereja imanku pasti baik. Benarkah iman kita sudah kuat atau baik? Bagaimanakah kita bisa mengetahui iman kita baik? 

Pemahaman
Ay 17, Apa yang dipesankan Yudas kepada orang percaya?
Ay 18-19, Apa yang akan terjadi menjelang akhir zaman?
Ay 20-21, Apa yang diperlukan dalam pertumbuhan iman?
Ay 22-25, Apa yang perlu dilakukan oleh orang percaya terhadap sesamanya?

Yudas saudara Yakobus (Mat 13:55) menasihatkan kepada orang-orang percaya untuk mengingat apa yang telah dikatakan oleh para rasul, bahwa menjelang akhir zaman akan muncul orang-orang yang menghina orang percaya, muncul orang-orang yang menuruti hawa nafsunya, muncul orang-orang yang memecah belah sesamanya karena keinginan-keinginannya pribadi.

Maka Yudas mengingatkan untuk orang percaya membangun imannya supaya kuat dengan berdoa dalam Roh Kudus dan memelihara iman tersebut dengan baik. Iman ini perlu dipelihara karena ada tantangan dari dunia, iman ini perlu juga ditumbuhkan supaya semakin kuat dan dapat  memberkati yang lain.

Yudas memberikan contoh praktis untuk memelihara iman, dengan mengasihi mereka yang masih ragu-ragu untuk percaya kepada Tuhan, menyelamatkan mereka yang tidak tahu tentang keselamatan abadi dengan memberitakan Injil, membenci kelakukan orang yang berdosa namun bukan membenci orangnya. Namun kita perlu menyadari bahwa kemampuan kita melakukan demikian bukan kekuatan kita namun kekuatan kuasa Dia. Sehingga kalau kita dipakai sebagai alat-Nya oleh Tuhan maka kita tidak akan menjadi sombong. Sehingga segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Refleksi
Renungkan: seberapa besar saudara memperhatikan pertumbuhan iman saudara?
Seberapa sering saudara mengusahakan pertumbuhan iman tersebut?
Seberapa banyak waktu yang kita gunakan untuk pertumbuhan iman kita dibandingkan dengan kesenangan kita?

Tekadku
Ya Tuhan, seringkali kami hanya memperhatikan kebutuhan jasmani kami saja, kami lupa ada manusia batiniah yang harus dipelihara supaya semakin hari semakin kuat. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Saya sadar bahwa saya memiliki iman dan iman itu harus saya pelihara dengan baik. Salah satu wujud pertumbuhan imanku memperhatikan mereka yang belum mengenal Kristus dan yang masih ragu-ragu untuk menerima Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*