suplemenGKI.com

Sabtu, 20 Mei 2017

19/05/2017

Yohanes 14 : 15 – 17

Roh Kudus Sang Penolong Sejati

 

PENGANTAR
Ketika kita mengikrarkan pengakuan iman, “aku percaya kepada Roh Kudus…..” maka yang dimaksudkan adalah kita percaya kepada realita persekutuan yang hidup dengan Kristus yang bangkit melalui Roh Kudus. Bahwa Ia memimpin kita untuk hidup dalam ketaatan. Roh Kudus adalah Allah yang hadir dalam kehidupan umat percaya, sekarang ini dan di sini. Ia hadir sebagai penggenapan janji Tuhan Yesus bahwa Ia akan menyertai umat-Nya sampai akhir zaman ( Mat 28 : 20 ).

PEMAHAMAN.

  1. Apa makna dari pernyataan Tuhan Yesus, “Jikalau kamu mengasihi Aku…..” ( ayat 15 )
  2. Mengapa Tuhan Yesus menjanjikan “seorang Penolong” ? ( ayat 16 )
  3. Siapa Roh Penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus ? Bagaimana Ia dapat menolong kita ? ( ayat 17 )

Melalui kepatuhan-Nya Yesus memperlihatkan kasih-Nya kepada Allah. Hal yang sama Tuhan Yesus menginginkan agar murid-murid-Nya dapat menampakkan kasih dalam kepatuhan. Bagi kebanyakan orang Kristen menyatakan kasih dalam kata-kata itu gampang, akan tetapi pada saat yang sama mereka menyebabkan rasa sakit hati terhadap orang-orangyang katanya mereka kasihi. Bagi Tuhan Yesus kasih yang sesungguhnya bukanlah perkara yang mudah, karena hal itu dapat ditunjukkan dalam kepatuhan yang sungguh-sungguh.

Namun Tuhan Yesus tidak akan membiarkan kita sendirian dalam pergumulan hidup dengan segala kesulitan dan persoalannya. Dia akan mengirim seorang Penolong. Kata Yunaninya adalah Parakletos yang berarti seorang yang dipanggil datang untuk menolong pada saat kesulitan atau kebutuhan. Atau seorang yang dipanggil untuk berdiri disamping mendampingi kita menolong dalam setiap perkara kehidupan. Roh Kudus inilah yang akan menyertai, menguatkan umat percaya di tengah-tengah derita dan aniaya yang mereka alami karena iman. Roh Kudus hadir dan tinggal dalam hidup umat percaya. Hal itu berarti Roh Kudus bekerja didalam dan melalui umat percaya. Roh Kudus akan tinggal dalam hati/hidup setiap umat percaya, Dia akan membimbing dan mendampingi kita agar kita menjadi umat yang hidup dalam kepatuhan dalam melakukan kehendak Allah. Kiranya Allah Roh Kudus datang mendampingi kita. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Roh Kudus datang untuk menolong kita. Sudahkah saudara memohon pertolongan-Nya ?

TEKADKU
Ya Allah Roh Kudus, tolonglah dampingi saya dalam setiap pergumulan hidup saya agar saya menjalani kehidupan ini dalam kepatuhan.

TINDAKANKU.
Saya akan menjalani tugas kehidupan ini dengan yakin kepada pertolongan Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«