suplemenGKI.com

Markus 1:14-20

BERGABUNG DALAM TIM PELAYANAN YESUS

PENGANTAR
Yesus mengerjakan karya-Nya di dunia ini dengan kuasa dari Allah sendiri. Dengan kuasa Allah itu, Yesus membuat mukjizat, menyembuhkan orang sakit, dan membangkitkan orang mati. Dan, tentu saja, Ia dapat melakukan semuanya seorang diri. Namun, pada kenyataannya, Yesus memilih untuk melakukan karya-Nya dalam sebuah tim. Karena itu, di masa awal pelayanan-Nya, Yesus segera memanggil para murid untuk bergabung menjadi sebuah tim pelayanan. Kita yang memberitakan Injil-Nya sekarang ini pun adalah orang-orang yang dipanggil menjadi bagian dari tim pelayanan-Nya. Tentu, ini adalah anugerah yang besar bagi kita. Karena itu, kita harus menjawabnya dengan sepenuh hati.

PEMAHAMAN
Injil Markus menempatkan pemanggilan para murid ini sebagai bagian penting dari masa-masa awal pelayanan Yesus Kristus.  Tentu saja, para murid itulah yang akan menjadi tim pelayanan-Nya dan kelak akan melanjutkan karya-Nya di dunia ini. Empat orang murid Yesus yang pertama, yaitu Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes, adalah murid-murid yang berperan penting, bukan hanya ketika masih bersama-sama Yesus, melainkan juga setelah Yesus naik ke sorga.  Merekalah yang kemudian menjadi pemimpin-pemimpin jemaat dan mendampingi umat-Nya melewati masa-masa sulit di masa gereja mula-mula.

  • Ay. 16-18.  Apa yang sedang dilakukan Simon dan Andreas ketika Yesus memanggil mereka?  Perhatikan kalimat yang digunakan Yesus untuk memanggil mereka.  Apa hubungannya dengan pekerjaan yang sedang mereka lakukan?  Bagaimana mereka menjawab panggilan Yesus?
  • Ay. 19-20.  Apa yang sedang dilakukan Yakobus dan Yohanes ketika Yesus memanggil mereka?  Bagaimana mereka menjawab panggilan Yesus?

Yesus memanggil mereka ketika mereka sedang melakukan pekerjaan mereka sehari-hari sebagai seorang nelayan. Karena itulah Yesus menggunakan istilah ”penjala manusia”. Panggilan ini sederhana dan mudah ditangkap karena sebagai nelayan mereka sudah biasa menjala ikan. Namun, panggilan ini juga mengobarkan semangat karena Yesus memberi mereka visi yang baru: sasaran mereka ke depan adalah manusia, bukan ikan lagi. Dan para nelayan ini akan mengerjakan visi yang baru itu bersama Yesus, yang akan menjadi guru mereka. ”Ikutlah Aku,” ajak Yesus.

Keempat murid itu menanggapi ajakan Yesus dengan cepat dan tegas.  Padahal untuk mengikut Yesus mereka harus meninggalkan banyak hal: perahu, jala, pekerjaan, dan bahkan orang tua mereka.  Mereka harus meninggalkan berbagai hal yang selama ini telah menjadi bagian hidup mereka.  Dari cara mereka menjawab panggilan-Nya, kita sudah dapat melihat betapa besar komitmen mereka. Tentu saja, mereka masih belum tahu bagaimana sesungguhnya menjadi penjala manusia. Namun, mereka tahu bahwa mereka sedang mengikuti seorang pemimpin yang dapat diandalkan.

REFLEKSI
Sebagai bagian dari tim pelayanan Yesus, seberapa besarkah komitmen pelayanan Anda? Apakah komitmen itu nampak dalam semangat dan cara Anda melayani?

TEKADKU
Tuhan, aku bersyukur bergabung dalam tim pelayanan-Mu. Aku akan melayani dengan penuh komitmen dan melakukan yang terbaik bersama-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan meningkatkan kemampuan pelayananku di bidang … … … … dengan cara belajar/ berlatih … … … … … untuk jangka waktu selama … … … … bulan/ tahun.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«