suplemenGKI.com

Sabtu, 20 April 2019

19/04/2019

YESUS BANGKIT: PERCAYAKAH ENGKAU?

Lukas 24:1-12

 

Pengantar
Ada lagu Paskah yang terkenal, sebagian liriknya mengatakan, “Kubur kosong membuktikan Dia hidup”. Benarkah bukti kebangkitan Kristus adalah kubur yang kosong? Tentu  bukan hanya itu. Bagaimana kita bisa meyakini kebangkitan Kristus? Apakah buktinya? Marilah kita merenungkannya. 

Pemahaman

  • Ayat 1       : Mengapa para murid perempuan pergi ke kubur Yesus pagi-pagi benar?
  • Ayat 2-8  :  Berita apakah yang mereka terima saat menjenguk kubur Yesus?
  • Ayat 9-10: Apakah yang dilakukan oleh para murid perempuan setelah mendengar berita kebangkitan Yesus?
  • Ayat 11     : Mengapa para murid lelaki tidak mempercayai kabar yang dibawa Maria dkk?
  • Ayat 12  : Setelah menengok kubur Yesus yang kosong, mengapa Petrus tidak langsung memahami apa yang sebenarnya terjadi?

Injil-Injil termasuk Injil Lukas tidak pernah mempersaksikan tentang proses kebangkitan Kristus. Para perempuan yang datang untuk merempah-rempahi jenasah Yesus mendapati batu penutup kubur telah terguling. Dalam situasi bingung mereka menjumpai dua orang malaikat. Gambaran dua orang malaikat merupakan simbolisasi kehadiran Allah sendiri yang menjelaskan realitas kubur yang kosong, yaitu Kristus yang bangkit. Kedua malaikat tersebut menegur para perempuan yang hendak merempah-rempahi jenasah Yesus: Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga” (Luk. 24:5-7). Dengan demikian melalui para malaikat itu, Allah mengingatkan para perempuan terhadap ucapan Yesus ketika Ia masih ada bersama-sama dengan mereka.

Ucapan yang diucapkan oleh Yesus dahulu, kini telah menjadi suatu kenyataan. Tetapi suatu kenyataan yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan dan dibuktikan secara real. Para perempuan tersebut menghadapi suatu kenyataan yang penuh misteri, walaupun Allah telah menjelaskan melalui kehadiran dua orang malaikat. Ini berarti peristiwa kebangkitan Kristus merupakan suatu misteri di mana umat dipanggil untuk menangkap maknanya dengan sikap iman. Tetapi ketika para perempuan menyampaikan kepada para murid Yesus yang lain, ucapan dan kesaksian mereka hanya dianggap omong kosong belaka (Luk. 24:11). Pada zaman itu tidaklah mudah umat mempercayai kesaksian seseorang atau beberapa orang perempuan.

Pada sisi lain Petrus berupaya membuktikan kebenaran ucapan para perempuan tersebut dengan pergi ke makam Yesus. Di makam Yesus, Petrus hanya menjumpai kain kafan-Nya saja. Dengan demikian peristiwa kebangkitan Kristus hanya dapat dibuktikan melalui dua hal saja, yaitu batu kubur yang telah terguling dan kain kafan Yesus yang tergeletak di dalam makam. Dua benda tersebut merupakan media yang menyimpan makna dan rahasia kebangkitan Kristus.

Umat diajak untuk melihat kebenaran kebangkitan bukan kepada bukti fisik  kedua benda tersebut tetapi melihat kebenaran Allah yang melampaui seluruh pikiran dan pengetahuan manusia. Tepatnya umat percaya dipanggil untuk menempatkan iman bukan kepada bukti-bukti fisik tersebut, tetapi kepada pengalaman perjumpaan mereka kepada Kristus yang bangkit. Perjumpaan tersebut terjadi karena Kristus yang bangkit berkenan menyatakan diri-Nya sehingga para murid dan umat dikaruniakan iman untuk percaya kepada-Nya.

Refleksi
Apakah Anda pernah mengalami perjumpaan dengan Tuhan Yesus secara fisik? Bila belum, mengapa Anda masih percaya kepada Tuhan Yesus? Hanya iman yang bisa menjelaskannya. Bila kita punya iman, mungkinkah kita meragukan kebangkitan Kristus? Hanya dengan iman kita dapat mempercayai kebangkitan Kristus. Apakah Anda percaya bahwa Kristus telah bangkit untuk Anda?   

Tekadku
Ya Tuhan Yesus, mampukanlah aku terus beriman teguh, percaya pada kebangkitan-Mu dan hidup mengalami kebangkitan-Mu.

Tindakanku
Aku mau menghidupi imanku pada kebangkitan Kristus dengan terus yakin bahwa Tuhan Yesus hidup dalam kehidupanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«