suplemenGKI.com

Roma 12 : 3 – 8.

‘Gereja dan Karunia-karunia rohani’.

Salah satu yang digemari rasul Paulus ialah mengenai gereja sebagai satu tubuh [ bandingkan dengan 1 Kor 12 : 12-27 ]. Anggota-anggota tubuh tidak saling bertengkar, tidak saling iri atau mempersoalkan yang mana yang lebih penting. Setiap bagian tubuh melaksanakan tugasnya masing-masing, walaupun nampaknya remeh namun fungsinya sama penting.

Pertanyaan penuntun.

1.       Apakah nasehat rasul Paulus kepada jemaat Roma tentang kehidupan berjemaat ? [ayat 3]

2.       Bagaimana rasul Paulus memberi  gambaran yang jelas mengenai hidup bergereja yang baik ? [ayat 4-5]

3.       Bagaimana Tuhan memperlengkapi gerejaNya dengan karunia-karunia rohani ? [ayat 6-8] untuk apa semua karunia itu ?

RENUNGAN.

Rasul Paulus memiliki keyakinan bahwa jemaat Kristus bagaikan tubuh manusia. Tubuh memiliki anggota-anggota [organ-organ] yang tidak bisa dilepaskan antara yang satu dengan yang lainnya. Setiap organ tubuh mempunyai fungsi yang berbeda, dan setiap fungsi sama pentingnya. Setiap organ saling bergantung, saling membutuhkan, saling terkait satu sama lain, tidak ada satu organpun yang boleh merasa lebih penting dari yang lain karena semua terikat dan terkait dalam satu tubuh. Gereja sebagai tubuh Kristus digambarkan seperti itu, setiap anggota mempunyai tugas yang harus dilaksanakan dan hanya dengan melaksanakan tugas masing-masinglah maka gereja sebagai tubuh Kristus dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Rasul Paulus menasehati jemaat Roma, agar mereka tidak memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut dipikirkan, hal ini dimaksudkan agar jemaat Tuhan di Roma tidak menganggap bahwa dirinya lebih penting dari anggota yang lain. mereka harus memiliki sikap kerendahan hati sehingga mereka tidak memandang diri lebih tinggi atau lebih penting dari yang lain, sebagai apapun mereka seharusnya dapat hidup dengan rukun dan saling menghormati sebagai sesama orang Kristen karena pada dasarnya mereka adalah satu tubuh dalam Kristus. Dan Tuhan memperlengkapi jemaatNya [ setiap anggota tubuh ] dengan karunia-karunia yang berbeda-beda, ada yang diberi karunia bernubuat [ Perjanjian Lama adalah ramalan akan masa yang akan datang ], ada karunia melayani [ diakonia ] yaitu memperlihatkan kasih Kristus didalam pelayanan setiap hari kepada sesama. Berikutnya adalah karunia mengajar yaitu berita tentang Kristus harus diajarkan dengan jelas. Ada karunia menasehati [membesarkan hati]. Ada karunia membagi-bagikan [ membagikan berkat dengan tulus hati], ada karunia memberikan pimpinan [ pemimpin yang rajin yang mau melayani di bidang apapun]. Ada karunia menunjukkan kemurahan [ karunia ini harus dinyatakan dengan sukacita]. Ada 7 contoh karunia yang diungkapkan rasul Paulus di sini, dimana karunia-karunia tersebut dimiliki oleh jemaat Roma. Semua karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada jemaat Roma dipergunakan untuk pembangunan jemaat di Roma sehingga kehadiran jemaat menjadi berkat bagi masyarakat sekitarnya.

Kita yang adalah jemaat GKI RESSUD juga merupakan tubuh Kristus, yang satu dengan yang lain saling terkait, tidak bisa terpisahkan. Masing-masing orang memiliki fungsi yang berbeda tetapi setiap fungsi sama pentingnya sesuai dengan karunia yang diberikan Tuhan kepada masing-masing pribadi. Ada yang dianugerahkan karunia bernubuat, melayani, mengajar, menasehati, membagi-bagi, memberi pimpinan, menunjukkan pimpinan atau yang lainnya [ 1 Kor 12 ]. Semua karunia yang diberikan Tuhan kepada kita harus kita pergunakan dalam pembangunan jemaat [pelayanan] di lingkungan GKI RESSUD  sehingga gereja kita terus menjadi berkat bagi sesama. Bersediakah kita melakukannya ? kiranya Tuhan memberi kemampuan.

 “Sesungguhnya Tuhan memberikan karunia-karunia yang berbeda kepada setiap jemaat, pergunakanlah karunia itu untuk kemuliaan Tuhan”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*