suplemenGKI.com

PASTI DISAMBUT TUHAN

Lukas 19:5-7

 

Pengantar
Dalam hidup ini, banyak orang mencari kepastian. Kepastian akan membuat seseorang akan hidup dengan lebih yakin, sekaligus mampu menentukan langkah kehidupannya. Kepastian tentu tidak akan lagi membuat orang ragu-ragu akan pilihan hidupnya. Salah satu kepastian yang paling menyenangkan dari bagian bacaan kita pada hari ini adalah ketika Yesus memastikan siapa saja yang datang kepada-Nya akan disambut.

Pemahaman 

  • Ayat 5-6:    Bagaimana Yesus menghadirkan sukacita bagi Zakheus?
  • Ayat 7    : Mengapa orang-orang bersungut-sungut ketika Yesus menyambut dan menerima Zakheus ?

Selalu ada sukacita bagi orang yang sungguh-sungguh ingin mengenal Tuhan. Usaha Zakheus untuk bertemu dengan Yesus membuahkan hasil. Yesus melihat Zakheus dan menerimanya. Dia menyambutnya dengan mengatakan akan berkunjung ke rumahnya. Ini menjadi bukti bahwa Dia menyambut dan menerima Zakheus apa adanya. Sekalipun Zakheus dipandang sebagai orang berdosa yang perlu dijauhi namun justru Yesus menerima dan menyambutnya dengan ketulusan hati. Sikap ini sangat berbeda dengan sikap kebanyakan orang pada waktu itu. Mereka bersungut-sungut ketika melihat Yesus menyambut dan menerima Zakheus

Sesugguhnya, teks Alkitab hari ini menyatakan kabar baik bagi semua orang. Yakinlah bahwa Tuhan pasti menyambut dan menerima siapa saja yang mau datang kepada-Nya. Apakah kita juga menyambut dan menerima semua orang dengan sukacita? Bukankah yang seringkali terjadi justru sebaliknya? Betapa sulit orang menerima mereka yang telah dipandang sebagai pendosa. Bahkan orang mudah menghakimi orang lain.  Mereka yang dipandang berdosa, kemudian ditolak dan dikucilkan oleh masyarakat.

Marilah menyadari kembali bahwa kasih Tuhan pasti diberikan kepada siapa saja yang mau menyambut-Nya termasuk orang berdosa yang merindukan-Nya. Semua orang berharga di mata Tuhan. Bahkan Tuhan datang untuk mencari dan menyelamatkan orang berdosa. Oleh karenanya, jangan pernah membatasi kasih Tuhan. 

Refleksi
Pandanglah langit yang membentang luas melingkupi bumi ini. Bentangan langit nan luas menjadi tanda betapa luasnya hati Tuhan yang menyambut dan menaungi semua orang, apa pun kondisinya.  Apakah Anda yakin  pasti disambut dan diterima Tuhan? Apakah Anda gembira melihat orang berdosa yang juga  disambut dan diterima Tuhan? Ataukah Anda keberatan bila ada orang berdosa yang disambut Tuhan?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku untuk bersukacita karena  Engkau menyambut dan menerimaku apa adanya. Mampukanlah aku untuk  menyambut dan menerima orang lain walaupun hidup mereka penuh dosa.

Tindakanku
Aku akan menyambut dan menerima teman atau keluarga yang pernah berbuat dosa dengan sukacita sebab aku yakin pasti  Tuhan telah menyambut dan menerimanya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«