suplemenGKI.com

Sabtu, 2 Juni 2012

01/06/2012
Mother Teresa Feeding

DIPELIHARA UNTUK MEMELIHARA

Kejadian 2:15

 

Manakah yang lebih Saudara suka: menikmati berkat atau menjadi berkat? Dipelihara dengan kasih sayang ataukah memelihara dengan kasih sayang? Apakah Saudara memilih keduanya? Boleh saja. Bacaan hari ini mengajak kita untuk merenungkan  tentang tanggungjawab manusia yang telah merasakan kehidupan dan kasih pemeliharaan ALLAH.

 

Pendalaman Teks Alkitab

  • Apakah tugas yang diberikan ALLAH kepada manusia di taman Eden?
  • Apakah tindakan yang bisa Saudara lakukan untuk mengusahakan dan memelihara taman kehidupan ini?
  • Apakah Saudara telah melaksanakan tugas panggilan  mengusahakan dan memelihara taman kehidupan ini?

 

Renungan

Ketika manusia ditempatkan TUHAN di taman Eden, manusia menikmati kasih dan pemeliharaan TUHAN yang nyata melalui pohon kehidupan dan seluruh kehidupan di taman Eden. Sungguh baik TUHAN yang telah menciptakan dan memelihara manusia.

Kejadian  2:15 menyatakan bahwa ternyata manusia ditempatkan di taman Eden bukan sekedar untuk menikmati kesenangan yang ada di Taman Eden  melainkan dalam rangka penugasan dari ALLAH. ALLAH memberi ruangan kepada manusia  dimana kehidupannya dilindungi dan dipelihara tapi pemeliharaan ALLAH  itu mengandung pemberian tugas  juga. ALLAH memberi tugas kepada manusia untuk  mengusahakan dan memelihara taman itu. Manusia dipelihara ALLAH agar dapat memelihara ciptaan ALLAH yang lain. Manusia diberi tugas: bekerja, memelihara dan membangun bumi agar tetap menjadi taman kehidupan yang menjadi tempat tumbuh kembang pohon kehidupan. Manusia dipelihara agar dapat memelihara seluruh ciptaan TUHAN. Namun  apakah manusia melaksanakan tugas ini dengan baik?

Seiring dengan proses pembangunan dan modernisasi, di perkotaan khususnya, semakin sedikit ruang terbuka hijau yang bisa dibangun taman seperti taman Eden. Kesejukan dan kesegaran kehidupan semakin menjauh dari manusia.

Saat ini kita melihat bumi dan alam kehidupan yang semakin rusak. Pohon-pohon yang diciptakan TUHAN untuk mengalirkan kehidupan bagi ciptaan lain justru ditebang dan dirusak oleh manusia dan demi kepentingan pribadi manusia.Oleh karena itulah hewan-hewan kehilangan naungan rumahnya, kehilangan sumber makanannya. Air tanah menjadi kering, bencana kekeringan melanda manusia. Sebaliknya banjir pun memporakporandakan kehidupan seluruh ciptaan.  Ketika pohon dan taman kehidupan dieksploitasi secara habis-habisan oleh sekelompok manusia, maka alam menjadi rusak, rumah kehidupan kita menjadi hancur, pohon kehidupan tumbang. Siapakah yang rugi? Tentu manusia juga. Apakah Saudara merindukan taman Eden? Bila ya, ingatlah bahwa  pohon dan taman kehidupan yang dianugerahkan TUHAN perlu kita pelihara dan usahakan kelestariannya.  Jangan rusak mereka.

Apakah upaya yang perlu kita lakukan untuk mengusahakan dan memelihara pohon dan taman kehidupan ini?

Ada dua hal yang bisa kita lakukan:

  1. Memelihara; tidak merusak pohon dan taman kehidupan di sekitar kita. Apabila  kita memperoleh berkat kehidupan dari pohon dan taman kehidupan janganlah menghabiskannya untuk diri kita sendiri, ingatlah ada makhluk-makhluk lain ciptaan TUHAN yang juga memerlukan berkat kehidupan dari pohon dan taman kehidupan ini. Bersikaplah ramah terhadap pohon dan taman kehidupan ini. Rawat dan lestarikanlah mereka agar kehidupan seluruh makhluk ciptaan TUHAN juga lestari.
  2. Membudidayakan, menanam yang baru ( mengusahakan  pohon dan taman baru)

Jangan biarkan pohon dan taman rusak. Biasakanlah melakukan regenerasi, menanam dan membudidayakan pepohonan agar kesejukan, kesegaran semakin kita rasakan.

Dengan melakukan dua hal di atas, maka Saudara telah melakukan tugas yang diberikan oleh ALLAH untuk bertanggungjawab atas seluruh karunia ciptaan TUHAN. TUHAN menitipkan kelestarian alam, pohon dan taman kehidupan ini pada kita.Tumbuhkanlah pohon-pohon kehidupan dan taman-taman “Eden” di sekitar Saudara!

 

Mari menanam pohon kehidupan dan sirami dengan kasih sayang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«