suplemenGKI.com

Yohanes 1:6-9

MEMBERITAKAN KEHADIRAN ALLAH

 

PENGANTAR

Seperti yang dikutip oleh William Barclay, ada seorang Yunani yang mengatakan: “Alangkah sulitnya menemukan Allah; dan kalau Anda telah menemukannya, maka tidaklah mungkin bagi Anda untuk memberitahu kepada orang lain tentang Allah itu”. Memberitahu, apalagi menjelaskan, kepada orang lain mengenai seperti apakah Allah itu memang tidak mudah. Namun, justru karena itulah Yesus datang ke dunia. Dan justru karena itu pula kita dipanggil untuk menjadi saksi-Nya: bersaksi tentang Kristus, Allah yang hadir di tengah manusia.

PEMAHAMAN

Di bagian sebelumnya, Yohanes telah menjelaskan bahwa Yesus akan datang sebagai terang yang akan bercahaya di tengah kehidupan manusia yang gelap (ay. 5). Namun, Yesus yang hadir sebagai manusia tidak begitu saja dikenali dan diterima oleh manusia.  Pada kenyataannya, banyak orang salah paham mengenai Yesus dan bahkan menolak Dia.

Ay. 6-8          Terkait dengan kedatangan Yesus, apa peran yang dikerjakan oleh Yohanes Pembaptis? Apa tujuan Yohanes memberikan kesaksian tentang Yesus?

Ay. 9              Mengapa Yesus disebut sebagai “terang yang sesungguhnya”?  Bagi siapakah Yesus hadir sebagai terang?

Yohanes Pembaptis tampil di depan umum sebelum Yesus mengawali pelayanan-Nya. Sikap Yohanes Pembaptis yang berani dan tegas sangat mengesankan banyak orang. Penampilannya mengingatkan banyak orang kepada sosok nabi-nabi Perjanjian Lama. Bahkan, banyak juga yang mengira bahwa ia adalah Mesias yang sedang mereka nantikan. Namun, di tengah popularitas yang semakin meningkat, Yohanes Pembaptis tetap setia dan konsisten melakukan perannya, yaitu memberikan kesaksian tentang Yesus.

Yesus yang disaksikan oleh Yohanes Pembaptis adalah “terang yang sesungguhnya”. Di satu sisi, kalimat ini dimaksudkan sebagai penegasan ulang bahwa Yohanes Pembaptis bukanlah terang itu (ay. 8). Namun, di sisi lainnya, kalimat ini juga menjelaskan bahwa sebagai terang yang sejati, Yesus sanggup menerangi hidup manusia yang gelap. Kehadiran Yesus akan mengembalikan harapan akan kehadiran Allah di tengah kehidupan manusia. Kehadiran Yesus menepis keragu-raguan setiap orang yang mempertanyakan kasih dan kuasa Allah di dalam hidup mereka.

REFLEKSI

Popularitas atau penolakan, keberhasilan atau hambatan, tidak dapat menghentikan kesetiaan Yohanes Pembaptis mengerjakan perannya sebagai saksi Kristus.  Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda masih setia memberitakan tentang Dia?

TEKADKU

Tuhan, aku bersyukur karena Engkau berkenan memanggilku menjadi saksi Injil-Mu. Berikanlah aku hikmat agar mampu memberitakan kasih dan kuasa-Mu melalui perkataan dan tindakanku.

TINDAKANKU

Aku akan mengunjungi seseorang yang sedang meragukan kasih dan kuasa Tuhan, dan berdoa bagi orang tersebut.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«