suplemenGKI.com

Lukas 4:22-30

DITOLAK MANUSIA, DITOLONG ALLAH

PENGANTAR
Salah satu hal yang kita takutkan dalam pelayanan adalah ditolak oleh orang-orang yang kita layani. Takut ditolak sering membuat seseorang tidak bersedia terlibat dalam pelayanan. “Sebelum ditolak, lebih baik menolak”, katanya. Takut ditolak juga sering membuat seseorang yang sudah melayani menghentikan pelayanannya. “Untuk apa aku melayani orang-orang yang tidak menghargai pelayananku,” katanya. Terkait pengalaman kita ditolak oleh orang-orang yang kita layani, perikop bacaan kita hari ini mencatat satu hal penting: Yesus pun pernah ditolak oleh orang-orang yang dilayani-Nya.

PEMAHAMAN

  • Ayat 22-23. Ayat ini mencatat perubahan reaksi orang-orang yang mendengarkan pengajaran Yesus. Perubahan seperti apakah yang Anda lihat? Mengapa reaksi/ sikap mereka berubah? Bagaimana respons Yesus terhadap mereka?
  • Ayat 24-27. Yesus mengingatkan mereka akan sikap nenek moyang mereka di zaman nabi Elia dan nabi Elisa. Menurut Anda, apa tujuan Yesus menyampaikan hal itu?
  • Ay. 28-30. Apa yang membuat mereka marah? Seberapa besarkah kemarahan mereka kepada Yesus? Apa yang hendak mereka lakukan terhadap Yesus? Bagaimana Yesus dapat lolos dari situasi tersebut?

Pada awalnya, orang-orang yang mendengarkan Yesus bereaksi sangat positif. Mereka memuji apa yang disampaikan-Nya dan kagum akan “kata-kata yang indah” (hurufiah: gracious words, atau kata-kata yang penuh kasih) yang diucapkan-Nya. Yesus memang sedang memberitakan kasih Allah kepada mereka berdasarkan teks nabi Yesaya yang baru saja dibaca-Nya. Namun, sikap mereka dengan cepat berubah. Mereka tidak percaya bahwa Yesus yang mereka kenal sebagai anak Yusuf dapat menyampaikan pengajaran sedemikian indah. Mereka menolak Yesus, dan dengan demikian menolak pengajaran-Nya. Yesus pun dengan terus terang mengungkapkan penolakan yang ada di dalam hati mereka.

Selain itu, Yesus juga menegur mereka dengan menunjukkan bahwa penolakan itu bukanlah hal yang baru, melainkan pola lama yang sudah terjadi di zaman nenek moyang mereka. Akibatnya, berkat yang disediakan bagi mereka justru jatuh ke tangan orang-orang bukan Yahudi. Alih-alih bertobat, teguran Yesus ini justru membuat mereka sangat marah kepada-Nya. Bagaimana Allah menolong Yesus? Dengan singkat namun jelas Lukas menceritakan keajaiban yang terjadi pada waktu itu: Yesus berjalan lewat dari tengah-tengah orang-orang yang sangat marah dan berniat untuk membunuh-Nya.

REFLEKSI
Kasih dan pertolongan Tuhan yang terbesar sering kali terjadi justru pada waktu kita mengalami penolakan oleh manusia.

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah aku agar dapat mengampuni dan mengasihi mereka yang menolak aku, termasuk mereka yang pernah mengkritik atau mencela pelayananku.

TINDAKANKU
Hari ini aku akan berdoa untuk orang-orang yang pernah menolak aku, atau mengkritik aku, atau mencela pelayananku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«