suplemenGKI.com

Siap Diutus

Matius 10:5-15

 

Pengantar
                Tuhan Yesus telah memilih ke 12 murid-Nya, lalu Ia memanggil mereka dan memberikan kuasa-Nya untuk melayani-Nya. Maka tiba waktunya bagi murid-murid-Nya untuk diutus ditengah-tengah masyarakat. Apa saja yang menjadi pesan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya yang akan diutus ke masyarakat? 

Pemahaman
Ay 5-6, Apa yang Tuhan Yesus perintahkan kepada murid-murid-Nya?
Ay 7-8, Apa yang perlu disampaikan dan diperbuat oleh murid-murid waktu berada dalam masyarakat?
Ay 9-10, Apa-apa yang harus dihindari oleh mereka waktu berada dalam perjalanan pelayanannya?
Ay 11-14, Bagaimana tata krama yang harus dilakukan murid-murid-Nya, terhadap orang yang dijumpainya?
Ay 15, Apa yang Tuhan Yesus katakan terhadap kota yang menolak kedatangan murid-murid-Nya?

Dalam perjalanan pelayanan-Nya, Tuhan Yesus memanggil murid-murid-Nya untuk melayani masyarakat di sekitarnya, tentu Tuhan Yesus memberikan kuasa kepada 12 murid-Nya untuk memperlengkapi di dalam pelayanan tersebut. Tuhan Yesus juga mengutus mereka berdua-duaan untuk dapat saling menopang satu dengan yang lain.

Yesus awal mula pelayanan berpesan supaya mereka fokus kepada bangsa Israel, yang telah menjauh dari Tuhan. Berita yang musti disampaikan kepada orang banyak adalah bahwa kerajaan sorga sudah dekat, berarti mereka diharapkan untuk bertobat. Mereka juga diutus untuk mendoakan yang sakit supaya sembuh, mentahirkan orang kusta, mengusir roh-roh jahat dan membangkitkan orang mati.

Yesus juga mengingatkan mereka untuk tidak membawa perbekalan, emas atau perak dan membawa baju sehelai saja. Tuhan Yesus ingin bahwa murid-murid-Nya siap melayani tanpa diganggu oleh materi apun juga. Mereka benar-benar menjadi orang yang bergantung sepenuhnya pada Tuhan yang mempunyai hidup ini.

Yesus mengingatkan kepada murid-murid-Nya bahwa perjalan pelayanan mereka sepenuhnya di tanggung oleh Tuhan. Jadi apapun penerimaan orang atau rumah atau kota terhadap murid-murid-Nya, mereka tidak perlu gusar terhadapnya, namun Tuhan yang akan memperhitungkan semuanya. Bahkan dikatakan bahwa tanggungan kota Sodom dan Gomora akan lehih ringan dibandingkan dengan kota yang menolak murid-murid-Nya.

Refleksi
Ambillah waktu beberapa menit untuk merenungkan: Apakah aku siap memberitakan kristus kepada orang lain? Apa yang aku andalkan dalam hidup ini?

Tekadku
Ya Tuhan, acapkali kami lebih mengandalan kepandaian kami, keuangan kami, relasi kami untuk kami mengatur hidup ini. Ampunilah kami kalau kami tidak mengandalkan-Mu. Bantu kami untuk kami bersandar pada kekuatan-Mu

Tindakanku
Menyiapkan diri terus menerus untuk siap dipakai oleh Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«