suplemenGKI.com

PEMAHAMAN YANG BENAR

Kolose 1:15-20

 

PENGANTAR

Saya pernah mendengar seorang anak berusia 6 tahun berkata ‘Supermanlebih hebat dari Yesus, anak-anak yang sedang susah dan takut langsung ditolongnya’.  Itu adalah pemahaman anak-anak.  Barangkali bukan hanya anak-anak yang memiliki pemahaman atau pernah berpikir seperti itu, bisa jadi orang dewasa juga.  Mari kita belajar memiliki pengenalan yang benar akan pribadi Yesus Kristus melalui bacaan hari ini!

PEMAHAMAN

  • Ayat 15-18: Mengapa  rasul Paulus menegaskan kembali jati diri Yesus kepada jemaat Kolose?  Bagaimana penjelasan rasul Paulus tentang jati diri Yesus?
  • Ayat 19-20: Bagaimana karya Yesus dalam mendamaikan manusia yang berdoa?
  • Bagaimana pemahaman kita tentang pribadi Yesus?  Apakah kita sudah memiliki pengenalan dan pemahaman yang benar?

Jemaat Kolose sempat mengalami keraguan memahami pribadi Yesus.  Oleh sebab itu, Paulus perlu menegaskan kembali di tengah-tengah jemaat Kolose tentang siapakah Yesus.  Paulus menjelaskan bahwa: Pertama, Yesus adalah satu-satunya Pribadi yang menyatakan siapaAllah. Dia tidak diciptakan dan Dia mendahului segala ciptaan yang ada. Tiada satu pun ciptaan yang sama bahkan lebih tinggi dari Dia, karena Dialah Allah (ay.15, 17-19).  Sehingga pengenalan kita kepada Allah yang tidak nampak itu menjadi nyata dan terselami, karena Allah telah berinkarnasi menjadi Manusia yang dekat dengan kehidupan manusia.

Kedua, Dialah Allah Pencipta yang telah menciptakan segala sesuatu (ay.16a), maka Dialah penguasa sejarah manusia dan seluruh alam semesta. Seluruh ciptaan ada di dalam kuasa-Nya dan diciptakan demi kemuliaan-Nya. Ketiga, Dialah penguasa segala kuasa, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan (ay.16b). Keempat, dalam Dia bersumber segala kuasa (ay.16c).  Tidak ada penguasa yang memperoleh kuasa dari diri sendiri atau orang lain, kecuali dari Dia.  Oleh sebab itu, segenap penguasa harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya kepada Dia (ay.16d).  Kelima, Dialah Pendamai manusia dengan Allah.  Dengan darah-Nya sendiri Dia mengadakan pendamaian, sebagai satu-satunya jalan menyelamatkan hidup manusia dari hukuman akibat dosa (ay.20).

Rasul Paulus mengajak jemaat Kolose memiliki pemahaman yang benar, bahwa keunikan-Nya tidak tertandingi oleh penguasa mana pun.  Dengan pemahaman itu, masihkah kita berpikir bahwa ada penguasa-penguasa baik yang hadir secara nyata dalam dunia maupun penguasa-penguasa di dunia yang tidak kelihatan berada di luar kedaulatan-Nya?  Sesungguhnya hanya Yesus Sang Penguasa tunggal yang berdaulat atas semua ciptaan.

 

REFLEKSI

Dalam hening mari memahami: Dia berkuasa dan menguasai segala bidang dalam kehidupan manusia, maka siapa pun kitatetap harus mempertanggungjawabkan hidup dan kekuasaan di hadapan-Nya.

 

TEKADKU

Tuhan tolong saya memahami dengan benar siapa Engkau dalam hidup, sehingga saya pun hidup bertanggungjawab di hadapan-Mu.

 

TINDAKANKU

Dengan pemahaman yang benar tentang siapa Engkau, saya mau hidup bertanggungjawab di tempat kerja, dalam bisnis, bermasyarakat dan bergereja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*