suplemenGKI.com

MATIUS 15:10-20

JAGALAH HATI DAN PIKIRANMU

 

Pengantar
Yesus seringkali bertolak belakang dengan orang-orang Farisi. Dalam banyak peristiwa selalu terjadi perdebatan antara orang-orang Farisi dan Yesus. Salah satu pertentangan yang terjadi adalah perihal kenajisan. Bagaimana dan seperti apakah pertentangan mereka? Teks bacaan hari ini akan membahas mengenai hal itu.

Pemahaman

Ayat 10-11      Teguran keras yang Yesus sampaikan?

Ayat 12-14      Mengapa Yesus menyebut orang-orang Farisi seperti orang buta menuntun orang buta?

Ayat 15-20     Apa yang hendak disampaikan Yesus melalui perumpamaan yang disampaikan-Nya?

Seringkali orang-orang Farisi dan ahli Taurat memahami bahwa kenajisan selalu bersangkut paut dengan hal-hal yang bersifat jasmaniah. Padahal kenajisan yang paling utama adalah terkait dengan hati dan pikiran. Yesus menyampaikan ajaran mengenai hal itu kepada para murid dan banyak orang yang hadir ditempat itu (ayat 10-11)

Bagi Yesus orang Farisi ibarat orang buta yang menuntun orang buta. Hal ini untuk memperlihatkan betapa dangkalnya orang-orang Farisi memahami Taurat. Akibat dangkalnya pemahaman mereka maka menjadi sempitlah pengertian diantara mereka dan juga umat Allah. Bahkan Yesus juga melihat bahwa hukum-hukum Allah telah disalahgunakan untuk membenarkan diri mereka dan menjatuhkan orang lain (ayat 12-14)

Lalu apakah yang hendak disampaikan Yesus lewat ajaran-Nya? Yesus sebenarnya hendak menyampaikan pentingnya menjaga hati dan pikiran. Bagi Yesus akar berbagai persoalan yang terjadi seperti pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat disebabkan oleh hati dan pikiran yang jahat (ayat 18-20).

Seringkali kita tidak menyadari betapa pentingnya menjaga hati dan pikiran. Dosa selalu berawal dari hati dan pikiran yang kotor. Teks bacaan hari ini mengajarkan umat untuk menjaga kekudusan hidup dengan cara menjaga hati dan pikiran tetap pada Allah.

Refleksi
Sudahkah hati dan pikiran dipimpin oleh Roh? Sudahkah hati dan pikiran diisi oleh hal-hal yang positif?

Tekadku
Ya Allah, pimpin hidupku dengan Roh-Mu, agar hati dan pikiranku dipenuhi oleh kebaikan

Tindakanku
Tekun bersaat teduh, membaca firman Allah dan terlibat dalam berbagai kegiatan gereja

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*