suplemenGKI.com

1Tesalonika 1:6-10

 

Iman Yang Bertumbuh Akan Menggemakan Firman Tuhan

Pengantar:
Adalah sudah menjadi hukum atau dalil, bahwa iman yang bertumbuh pasti akan menjadi kesaksian bagi pihak lain dan dirasakan pertumbuhannya oleh sesama. Sebaliknya iman yang tidak bertumbuh akan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Jemaat Tesalonika adalah jemaat yang bertumbuh dalam iman, kasih dan pengharapan, dampaknya Injil tersiar  ke daerah-daerah sekitarnya.

Pemahaman:

  1. Poin penting apa yang hendak ditunjukan oleh Paulus ketika menyebut “kamu telah menjadi penurut kami dan Tuhan”
  2. Apa maksud pernyataan Paulus “karena dari antara kamu firman Tuhan bergema….”

Pertumbuhan iman, kasih dan pengharapan di jemaat Tesalonika bukanlah tanpa
tantangan atau rintangan. Dari keterangan Paulus di ayat. 6, jelas menunjukan bahwa ada penganiayaan, penindasan terhadap jemaat Tesalonika. Tentu oleh pihak-pihak yang menentang kebenaran Injil. Tetapi justru di tengah-tengah tantangan dan rintangan itu jemaat Tesalonika menjadi bertumbuh dan kuat di dalam Tuhan. Buktinya mereka tetap menjadi penurut dalam arti tetap taat, setia dan menyatakan imannya dengan menjadi teladan bagi setiap orang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. Kebenaran Injil yang mereka terima dari pemberitaan Paulus dan kawan-kawan dengan pertolongan Roh Kudus itu sungguh-sungguh hidup dalam jemaat Tesalonika.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, keberadaan jemaat Tesalonika yang tetap bertumbuh walaupun banyak tantangan itu telah menjadi saksi Injil, bukan hanya di intern jemaat Tesalonika, tetapi bergema sampai ke semua tempat dalam arti meluas kabar tentang iman, kasih dan pengharapan mereka kepada banyak orang dan tempat. Bukan mereka yang bercerita, tetapi justru setiap orang lain yang menyaksikan hidup mereka yang menjadi teladan, tetap setia dan taat kepada Injil Tuhan Yesus walaupun tidak mudah. Bukan hanya itu jemaat Tesalonika juga sangat peduli terhadap para pelayan Tuhan, mereka menyambutnya. Mereka juga meninggalkan cara hidup lama yang mementingkan diri, tetapi peduli dengan sesam sebagai bukti pertumbuhan iman, kasih kepada Tuhan.

Refleksi:
Renungkan sejenak. Apakah kita sudah bertumbuh dalam iman, kasih dan pengharapan kepada Tuhan Yesus? Jika ia, maka kita akan terus setia, taat dan menjadi saksi bagi orang lain.

Tekad:
Tuhan, aku adalah orang Kristen yang sudah bertahun-tahun beribadah, melayani di gereja ini, tetapi aku belum merasa bertumbuh dalam iman, kasih dan pengharapan kepadaMu, sehingga orang lain belum merasakan keteladanan hidupku. Ampuni aku Tuhan.

Tindakan:
Aku mau bertumbuh dalam iman, pengharapan dan kasih kepada Tuhan, dan menjadi teladan hidup benar bagi orang lain, peduli sesama, tidak mementingkan diri sendiri.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*