suplemenGKI.com

Sabtu, 18 Juni 2016.

17/06/2016

Bacaan : Lukas 8 : 26 – 31.

Thema : Kuasa Yesus mematahkan kekuasaan setan-setan.

 

PENGANTAR.
Dalam Perjanjian Baru berkali-kali menunjuk kepada mereka yang menderita karena penindasan-penindasan dan pengaruh iblis sebab ada roh jahat yang tinggal didalam diri mereka. Mereka yang diikat oleh roh jahat hidup dalam penderitaan berkepanjangan dan tanpa harapan. Iblis menguasai dan mengikat pikiran, perasaan dan tindakan seseorang yang hidupnya kosong. Lalu siapa yang sanggup melepaskannya dari kuasa iblis ?

PEMAHAMAN.

  1. Seperti apa gambaran kehidupan orang yang di rasuk setan ? ( ayat 26-27 )
  2. Bagaimana sikap dan tindakan  orang yang kerasukan setan ketika melihat Yesus ? ( ayat 28-31 )
  3. Dalam peristiwa ini, pelajaran apa yang dapat saudara petik /ambil dalam kehidupan iman saudara?

Setan-setan adalah makhluk roh yang berkepribadian dan berakal dan merupakan anggota kerajaan iblis dan menjadi musuh Allah dan manusia. Mereka itu jahat, kejam dan berada didalam kekuasaan iblis. Setan-setan dapat dan sering tinggal didalam tubuh orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus. Orang yang dirasuki oleh setan-setan maka hidupnya dikuasai dan dikendalikan oleh setan-setan tersebut sehingga sikap dan perilakunya tidak disadari. Oleh sebab itu orang Gerasa yang dirasuk setan, ia tidak berpakaian, tidak tinggal dalam rumah tapi di pekuburan sehingga nampak menakutkan. Walaupun ia dirantai dan dibelenggu namun ia dengan mudah memutuskannya. Itu berarti setan-setan yang merasuknya memiliki kekuatan yang besar. Namun ketika Yesus datang ke tempat itu. Orang yang dirasuki setan-setan itu berteriak dan tersungkur di hadapan Yesus dan berkata, “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi ? aku memohon kepada-Mu supaya Engkau jangan menyiksa aku”. Dari kalimat ini kita dapat menyimpulkan bahwa setan-setan sangat ketakutan ketika melihat Yesus Kristus, sebab Yesus Kristus adalah Allah Yang Mahatingggi. Walaupun mereka memiliki kekuatan yang besar namun Yesus Kristus adalah Allah yang Mahakuasa. Yesuslah penguasa atas  segala sesuatu yang ada di seluruh alam semesta ini, termasuk berkuasa untuk menjatuhi hukuman kepada setan-setan dan iblis. Mengetahui hal itu setan-setan yang merasuk orang Gerasa itu memohon kepada Yesus Kristus supaya jangan memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut. Sangatlah jelas bahwa kekuatan dan kekuasaan apapun yang ada di dunia ini termasuk setan-setan dan iblis tidak akan ada yang mampu melawan kuasa Allah.

Setiap orang Kristen yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus Kristus maka hidupnya ( Hatinya ) didiami oleh Roh Kudus. Maka tidak mungkin hidupnya dikuasai oleh setan. Roh Kudus dan setan-setan tidak tinggal bersama-sama dalam satu tubuh. Akan tetapi setan-setan dapat mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakan orang percaya yang hidupnya tidak menuruti pimpinan Roh Kudus. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Renungkanlah : siapakah yang mempengaruhi dan memimpin hidup saudara ? Roh Kudus atau iblis ?

TEKADKU.
Ya Tuhan Yesus, masuklah dalam hidupku, pimpinlah saya dalam bersikap dan bertindak, supaya jangan sampai kuasa iblis memimpin hidupku.

TINDAKANKU.
Saya harus terus-menerus memperkenankan Roh Kudus memimpin dan menguasai hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«