suplemenGKI.com

Bacaan : YOHANES 1 : 29-34

ANAK DOMBA ALLAH

Pengantar
Perikop sebelumnya menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi di Yerusalem mengutus beberapa Imam dan orang Lewi kepada Yoohanes Pembaptis untuk menanyakan siapakah sebenarnya dia. Rupanya banyak orang Yahudi mengira bahwa Yohanes adalah Mesias, Elia atau nabi yang  akan datang. Yohanes Pembaptis mengatakan bahwa dirinya bukan Mesias, Elia atau nabi yang akan datang, tetapi suara yang berseru-seru di padang gurun.

Dalam kesaksiannya tentang Mesias, Yohanes menyebut Yesus yang adalah Mesias ada di depannya. Yohanes berkata “Inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia”

Pemahaman

  1. Mengapa Yohanes menyebut Yesus sebagai Anak Domba Allah? (ayat 29)
  2. Apa lagi yang disaksikan Yohanes tentang Yesus? (Ayat 30-34) 

Ketika Yohanes Pembaptis menyebut YESUS dengan sebutan atau gelar anak domba Allah. Hal ini merupakan sebutan penghormatan kepada Yesus. Namun apa yang sebenarnya ada di benak Yohanes Pembabtis ketika menyebut hal itu:

  1. Yohanes ingat akan Anak Domba Paskah.

Waktu itu Hari Raya Paskah belum lama berlangsung. Cerita tentang Paskah mengatakan, bahwa darah anak domba yang telah disembelih melindungi rumah-rumah orang Israel pada malam hari waktu mereka meninggalkan Mesir (Kel 12 : 11-13). Orang-orang Israel harus mengoles ambang pintu rumah mereka dengan darah anak domba yang disembelih. Dengan melihat darah tersebut Malaikat maut berlalu dan tidak membunuh anak sulung di rumah itu. Darah anak Domba telah melepaskan mereka dari kehancuran. Disini Yohanes hendak mengatakan bahwa, “Ada satu korban yang benar yang dapat melepaskan manusia dari maut yaitu YESUS KRISTUS”.

  1. Yohanes adalah anak seorang Imam. Ia tentu tahu tentang semua upacara keagamaam di Bait Allah dengan segala korban-korbannya. Setiap pagi dan petang ada seekor anak domba yang dikorbankan di bait Allah untuk dosa-dosa umat/  Selama Bait Allah ada, maka korban harian seperti itu akan berlangusng terus. Disinilah Yohanes mengatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya korban yang dapat melepaskan manusia dari dosa.
  2. Ungkapan Anak Domba Allah menjadi salah satu gelar yang indah bagi Yesus. Singkatnya ungkapan tersebut merupakan ungkapan dari kasih, pengorbanan, penderitaan dan kemenangan Kristus. Yohanes tahu bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia sendiri bukan apa-apa tapi Kristuslah yang pertama dan segalanya.  Kita patut bersyukur atas karunia yang besar yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus Sang Anak Domba Allah . Amin

REFLEKSI
Ingatlah bahwa Kristus sang Domba Allah telah berkorban menebus dosa-dosa kita! Apakah saudara telah berterima kasih atas pengorbanan sang Anak Domba Allah? Apakah saudara menjalani hidup ini dengan bercermin kepada Tuhan Yesus?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya agar tidak menyia-nyiakan anugerah penebusan Tuhan. Ajarlah saya untuk hidup menurut kehendakMu.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus setia kepada Tuhan sang Anak Domba Allah dalam perbuatan dan ketaatan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«