suplemenGKI.com

I KORINTUS 3:16-23

HIDUP BERSAMA DALAM PERSEKUTUAN

 

Pengantar

Apa jadinya jika semua orang merasa diri paling benar? Paling berhikmat? Tentu hal itu akan meresahkan dan menimbulkan kekacauan. Kondisi ini dihadapi oleh Paulus di jemaat Kristen di kota Korintus. Paulus berusaha menyelesaikan persoalan tersebut. Apa saja nasehat yang Paulus sampaikan kepada jemaat Kristen di kota Korintus?

Pemahaman

Ayat 16-17           Apakah yang Paulus maksudkan dengan tubuh sebagai Bait Allah?

Ayat 18-23           Nasihat penting apa yang Paulus sampaikan sebagai bentuk tanggapan terhadap perselisihan yang tengah dihadapi oleh jemaat?

“Tubuh adalah Bait Allah“ merupakan pernyataan Paulus kepada jemaat Kristen di kota Korintus untuk menunjukkan betapa penting dan berharganya hidup itu. Oleh karena itu Paulus mengingatkan jemaat agar tidak hidup dalam kecemaran, mengingat kota Korintus dipenuhi dengan percabulan dan berbagai hal negatif. Paulus mendorong agar jemaat tidak terlena pada kehidupan kota Korintus. Namun tetap berusaha menjaga kekudusan hidup mereka (ayat 16-17). Paulus juga memberikan nasihat kepada jemaat Kristen di kota Korintus agar mereka mampu mengendalikan diri dan tidak menunjukkan keangkuhan iman (ayat 18-23).

Hidup ditengah-tengah kota metropolitan yang maju dan penuh godaan memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang Kristen. Egois dan individualis merupakan sifat-sifat yang umum dijumpai dimasyarakat bahkan juga di persekutuan. Nasihat Paulus kepada jemaat Kristen di kota Korintus sangatlah relevan untuk diwujudkan dalam kehidupan persekutuan umat Allah di masa sekarang. Sebab persekutuan jemaat dimasa sekarang juga memiliki kecenderungan untuk mau menang sendiri dan selalu menganggap diri benar. Agar persekutuan hidup dalam damai sejahtera, sudah seharusnya setiap anggotanya menganggap orang lain lebih penting dari dirinya sendiri. Membuang ego yang besar dan belajar menerima kelemahan orang lain sama seperti orang lain bersedia menerima kelamahan dirinya.

Refleksi

Sudahkah kita hidup dalam persekutuan yang penuh damai sejahtera? Sudahkan kita membuang segala keegoisan kita? Sudahkah kita memiliki kerendahan hati dan menganggap yang lain lebih utama dibanding diri kita?

Tekadku

Ya Allah, tolonglah kami hidup dalam persekutuan dan ajar kami juga memiliki kerendahan hati.

Tindakanku

Belajar memiliki kerendahan hati. Belajar untuk mau memahami orang lain

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«