suplemenGKI.com

Pada bagian ini, Yohanes menyinggung hal-hal yang lebih praktis, tentang mengasihi saudaranya,  mengasihi dunia, mengasihi Allah, namun juga masih menyinggung tema gelap dan terang, benci dan kasih.

1.       Ay 7-8, Yohanes menuliskan perintah lama yang pernah diketahui oleh pembaca surat ini. Menurut saudara perintah apakah itu?

2.       Ay 9-11, Dalam kehidupan ini kita dituntut untuk hidup konsisten. Dalam hal apakah itu harus dilakukan?

3.       Ay 12-14, Yohanes memberikan nasihat kepada para bapak dan anak-anak dan kaum muda. Apa yang dinasihatkan Yohanes kepada mereka semua?

4.        Ay 15-17, Mengasihi dunia berbeda dengan mengasihi Bapa, bahkan hal tersebut berlawanan satu dengan yang lain. Apa yang menjadi alasan untuk ke dua hal tersebut berlawanan?

 

Renungan:

              Yohanes memberikan contoh kehidupan yang praktis bagi orang yang mengenal Allah. Yang pertama, orang yang mengenal Allah hidup dalam terang karena kegelapan sudah dikalahkan oleh terang. Yang kedua, Orang yang hidup dalam terang harus nyata dalam tindakannya yang benar. Jadi tidak mungkin orang yang hidup dalam terang namun membenci saudaranya sendiri. Karena membenci itu termasuk perbuatan kegelapan, sedangkan orang yang hidup dalam terang seharusnya saling mengasihi. Namun jika ada orang yang membenci saudaranya sendiri, maka orang tersebut digolongan hidup dalam kegelapan.

              Yohanes mengingatkan pembacanya bahwa mereka semua yang hidup dalam terang, dosanya sudah diampuni oleh Allah, oleh sebab itu baik orang tua, kaum muda maupun anak-anak harus tetap hidup dalam Tuhan. Orang yang hidup dalam terang akan semakin mengenal Allah dan hidup dalam kemenangan.

              Yohanes mengingatkan bahwa kalau ada orang yang mencintai dunia, maka kasihnya kepada Bapa tidak ada dalam dirinya. Karena apa yang ada dalam dunia berlainan dan bahkan berlawan dengan apa yang ada dalam Allah. Dunia menawarkan keinginan daging yang menunjukkan pada pemuasan hawa nafsu badaniah. Dunia juga menawarkan keinginan mata yang mengacu pada nafsu yang besar terhadap apa yang dilihatnya, terhadap bentuk-bentuk lahiriah dari segala sesuatu. Inilah nafsu yang dangkal atau rendah. Dunia juga berusaha memikat orang dengan hidup dalam keangkuhan. Orang memiliki kecenderungan untuk meninggikan dirinya sendiri danmenganggap rendah atau remeh orang lain. Orang dunia senang kalau dirinya dianggap mampu atau bahkan berkuasa. Yohanes menegaskan bahwa apa yang ada dan yang dimiliki dunia ini hanya bersifat sementara dan akan lenyap. Namun bagi orang-orang yang hidup dalam terang, mereka akan mencari dan melakukan kehendak Allah. Orang yang melakukan kehendak Allah , akan melakukan hal-hal yang baik dan positif, hal-hal ini adalah tindakan yang bersifat kekal.

              Yohanes mengajak pembacanya dan kita untuk hidup dalam kehendak Allah, dan tetap konsisten melakukan dan menerapkan Firman Tuhan dalam hidup ini, maka Allah berjanji memberikan hidup yang kekal bagi mereka yang setia.

 

Orang yang hidup dalam terang seharusnya tidak melakukan kejahatan.

Orang yang melakukan kejahatan pasti hidup dalam kegelapan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*