suplemenGKI.com

Bacaan : Yohanes 6 : 51

Tema : Roti hidup dari Sorga

PENGANTAR
Roti ( makanan ) adalah kebutuhan pokok manusia yang sangat penting. Semua umat manusia di muka bumi ini pasti membutuhkannya. Bahkan untuk hal itu ( roti/makanan ) manusia menghabiskan hari-hari dan waktunya demi kebutuhan pokok tersebut ( roti ). Tuhan Yesuspun mengajarkan, supaya manusia tidak disibukkan oleh pekerjaan yang sia-sia dengan menghabiskan segala daya hanya untuk mencari roti/makanan saja. Tetapi melupakan yang terpenting, yang sesungguhnya hal itu menjadi kebutuhan dari semua umat manusia di bumi ini. Apakah itu ? jawabannya adalah Roti hidup. Renungan kita hari ini akan membimbing kita supaya kita mengutamakan mencari Roti hidup.

PEMAHAMAN.

  1. Mengapa Tuhan Yesus memperkenalkan Diri-Nya sebagai Roti hidup yag turun dari Sorga ? ( 51a ). Dan apa maknanya bagi kita ?
  2. Bagaimana kita memahami pernyataan ini, “Jikalau seseorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya” ? ( ayt 51b )
  3. Bagaimana perjuangan anda untuk mendapatkan roti hidup yang turun dari sorga ?

Tuhan Yesus membuka jalan kepada manusia untuk menerima kehidupan yang sesungguhnya, yang disediakan Allah untuk manusia. Sehingga Ia menyatakan Diri-Nya sebagai Roti hidup yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menerima kehidupan yang kekal. Lebih jauh Tuhan Yesus menyatakan tentang Roti hidup yang diperkenalkan itu bukanlah seperti manna yang turun dari sorga, sebagaimana bangsa Israel menerima manna yang juga turun dari sorga. Toh bangsa Israel yang telah makan roti “manna” tersebut juga mengalami kematian. Namun tidak demikian dengan Roti hidup yang datang dari sorga, yang di katakan Tuhan Yesus. Setiap orang yang menerimanya akan beroleh hidup yang kekal. Yesus adalah Roti hidup yang turun dari sorga, hendak menyatakan Diri-Nya sebagai Pribadi yang di utus Allah Bapa demi kehidupan umat manusia.

Tuhan Yesus ingin mengajar kita, bahwa ada kehidupan yang mengatasi segala liku-liku kehidupan di dunia ini, yaitu kehidupan kekal bersama dengan Tuhan Allah di sorga-Nya. Dan itu merupakan kehidupan yang utama. Jika kehidupan yang utama itu kita peroleh maka Tuhan juga akan memperlihatkan bagi kita roti kehidupan kita di dunia ini. Tuhan ingin agar umat-Nya tidak terpikat dan fokus hanya kepada kebutuhan fisik, sehingga hatinya tertutup untuk menerima kebenaran Tuhan. Semakin manusia mencurahkan seluruh waktu dan tenaganya untuk kenikmatan dunia maka ia akan lupa kepada sang Roti Hidup yaitu Tuhan. Tuhan ingin agar kita mengenal, siapa yang mengatasi kehidupan ini dan kita hanya percaya kepada-Nya saja. Untuk itu marilah kita berjuang untuk mencari roti kehidupan di dunia ini dan Roti hidup yang turun dari sorga. Selamat berjuang.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan, : bagaimana perjuangan anda untuk mencari roti Jasmani ? bagaimana pula perjuangan anda untuk mencari roti hidup yang membawa kepada hidup yang kekal ? seberapa besar perjuangan anda ?

TEKADKU
Ya Tuhan ampunilah saya, atas kebodohan saya. Untuk mencari roti jasmani saya berjuang mati-matian, tetapi untuk roti sorgawi saya mengesampingkan.

TINDAKANKU
Mulai hari ini, saya akan berjuang dengan penuh semangat untuk mencari roti sorgawi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«