suplemenGKI.com

ROMA 1:5-7

HIDUP BERDASARKAN KASIH KARUNIA ALLAH

 

Pengantar
Paulus merupakan salah satu anggota Farisi yang telah ikut melakukan penganiayaan kepada pengikut Kristus. Bahkan ia memimpin berbagai aksi penangkapan dan penganiayaan pengikut Kristus yang berada di dalam dan di luar Yerusalem. Namun dalam perjalanan ke Damsyik Paulus menemukan panggilannya. Ia mengalami perjumpaan dengan Kristus yang mengubah hidupnya dari seorang penganiaya menjadi pengikut Kristus.

Pemahaman
Ayat 5-6  Apa yang menjadi tanggungjawab para rasul?

Ayat 7      Harapan dan doa Paulus kepada jemaat Kristen di kota Roma diawal suratnya?

Dalam suratnya Paulus menyampaikan bahwa karena kasih karunia ia dan rasul-rasul lainnya memperoleh tanggugjawab untuk menuntun semua orang agar tetap percaya dan taat kepada Allah (ayat 5-6). Pernyataan Paulus hendak menyampaikan pesan penting bahwa kerasulannya dan kerasulan murid-murid Yesus lainnya merupakan anugerah dari Allah. Allah telah mempercayakan pelayanan-Nya kepada Paulus dan rasul-rasul lainnya.

Pembukaan surat Paulus diakhiri dengandoa agar kasih karunia Allah yang telah mempercayakan tanggungjawab besar kepada para rasul juga menyertai jemaat Kristen di kota Roma (ayat 7). Hal ini merupakan sebuah pengharapan agar jemaat Kristen di kota Roma menyadari bahwa keselamatan yang mereka peroleh adalah anugerah dari Allah. Agar dengan demikian mereka hidup dalam keselamatan itu.

Hidup berdasarkan kasih karunia Allah menjadi salah satu pesan penting di awal surat Paulus kepada jemaat Kristen di kota Roma. Paulus menyadarkan kita semua bahwa tanpa kasih karunia, tidaklah mungkin kita semua dapat menikmati keselamatan yang dikerjakan oleh Allah didalam Yesus Kristus. Itulah sebabnya iman dan ketaatan menjadi hal yang sangat penting. Iman dan ketaatan kepada Allah merupakan bentuk pertanggungjawaban kita kepada Allah atas anugerah keselamatan.

Refleksi
Sudahkah aku hidup beriman kepada Allah? Sudahkah aku hidup taat?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami untuk tetap beriman dan setia kepada-Mu. Mampukan kami untuk hidup dalam ketaatan.

Tindakanku
Tekun dalam doa, persekutuan dan merenungkan firman Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*