suplemenGKI.com

Sabtu, 16 Mei 2010

15/05/2020

BERANI MENDERITA KARENA KEBENARAN

I Petrus 3 : 13 – 22

PENGANTAR
Ada kalanya kita merasakan penderitaan yang sangat tidak mengenakkan dalam kehidupan ini. Dan penderitaan tersebut disebabkan bukan karena kesalahan kita, tetapi disebabkan oleh orang lain yang memang dengan sengaja untuk menjatuhkan kita. Melihat kenyataan seperti itu, sulit rasanya bagi kita untuk menerima hal ini dengan hati legowo. Secara nalar kita berpikir, jika kita berbuat baik, masa sih ada orang yang berbuat jahat kepada kita ?

Bacaan kita hari ini akan memberi jawaban kepada kita, bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi penderitaan yang disebabkan oleh orang lain.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana sikap kita terhadap penderitaan ? ( ayat 13-14 )
  2. Bagaimana supaya kita kuat menghadapi penderitaan ? ( ayat 15- 17 )
  3. Mengapa Petrus memberikan contoh tentang penderitaan Kristus ? ( ayat 18-22 )

Petrus membuka perikop ini dengan pernyataan yang kontras, “Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik ?”. Melalui pernyataan ini seolah-olah dengan berbuat baik maka kita akan menuai kebaikan pula. Padahal kenyataannya tidaklah selalu demikian. Terkadang justru yang kita terima adalah sebaliknya, yaitu perilaku kejahatan yang berdampak kepada penderitaan. Nah bagaimana Petrus menyikapi jika yang kita terima adalah penderitaan ?

Pertama : Kita harus tetap berbahagia ( ayat 14 ). Berbahagia disini adalah berbahagia karena kita telah melakukan apa yang benar. Kita tahu bahwa kita telah melakukan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai murid Kristus. Dan jikalau ternyata, sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, yang berakibat pada penderitaan, maka janganlah membuat kita kecewa dan putus asa. Tetapi hendaklah kita bersukacita dan berbahagia karena kita telah melakukan kebaikan dan kebenaran. Yang kedua : Kita menempatkan Kristus sebagai Tuhan didalam hati kita ( ayat 15-17 ). Mengapa demikian ? Dengan menempatkan Kristus dalam hati dan hidup kita, maka Tuhan akan memberi kekuatan kepada kita untuk menanggung setiap permasalahan dan penderitaan yang kita alami. (band 1 Kor 10 : 13 ). Bahkan yang  sangat mulia adalah Petrus memberi contoh tentang penderitaan Kristus, yang rela mati untuk menebus dosa kita semua (ayat 18-22), namun Kristus bangkit kembali dari kematian, naik ke sorga dan akan datang kembali.

Bagi kita menderita karena kebenaran atau kebaikan memang tidaklah mudah. Tetapi sebagai umat percaya, kita sangat mungkin mengalami penderitaan karena kebenaran. Jika kita memang harus mengalami hal itu, pastilah bahwa semua itu diijinkan oleh Tuhan. Dan pasti Tuhan tetap menyertai dan memberi kekuatan kepada kita.  Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Seandainya anda harus menderita karena anda melakukan kebaikan, apakah anda siap ?

TEKADKU
Ya Tuhan, jikalau saya harus menderita karena melakukan kebaikan, kuatkanlah saya supaya saya tetap bersukacita.

TINDAKANKU
Firman Tuhan kali ini mengajar saya untuk melakukan kebaikan. Maka mulai hari ini saya harus melakukan kebaikan kepada siapapun.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«