suplemenGKI.com

Sabtu, 16 Juni 2018

15/06/2018

Bacaan : 2 Korintus 5 : 11 – 21

Tema : Hidup dalam Tuhan sebagai Ciptaan baru

PENGANTAR
Seperti apa kira-kira hidup anda, dahulu sebelum bertobat atau sebelum anda percaya kepada Tuhan Yesus dengan sungguh-sungguh ? mungkin anda akan menjawab. : dulu hidupku penuh kekacauan. Mungkin ada yang menjawab dulu hidupku penuh dengan kekacauan, tidak butuh Tuhan atau ada yang menjawab, dulu hidupku tidak ada pengharapan, tersesat dan berdosa. Itu barangkali jawaban anda. Namun kini, anda telah percaya kepada Kristus, menjadi milik Kristus. Tentu ada sesuatu yang berbeda dalam diri anda, karena anda telah lahir baru didalam Kristus. Bagaimana anda memahaminya ?

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana rasul Paulus memahami sebuah perubahan dari hidup yang lama menjadi baru ?  ( ayat 17 )

Rasul Paulus mengakui bahwa sebelum dia mengenal Kristus maka penilaiannya terhadap Kristus hanyalah sebatas pemikiran manusia. Sebelum perjumpaannya dengan Kristus, Paulus seorang pembenci Kristus serta pengikut-Nya. Namun hal itu berakhir dan Paulus akhirnya menjadi pengikut Kristus yang sejati. Semenjak itu pandangan Paulus terhadap Kristus berubah secara total. Dahulu ia seorang pembenci Kristus sekarang menjadi seorang yang mencintai Kristus. Paulus menyatakan bahwa hidup adalah sebuah perubahan dari yang lama menjadi yang baru. Perubahan yang dimaksud bukanlah perubahan secara fisik namun perubahan karakter, sikap hidup, perilaku dan perbuatan serta hati yang baru. Kasih Allah yang telah menebus dosa manusia melalui Yesus Kristus telah memulihkan hubungan manusia berdosa dengan Allah. Dengan demikian setiap manusia yang sudah ditebus Allah menjadi ciptaan baru.

Bagi rasul Paulus ciptaan baru adalah menjalani kehidupan yang bergantung kepada Allah atau hidup dalam pertobatan. Meninggalkan semua hal yang buruk yang tidak berkenan kepada Allah dan kembali kepada jalan kebenaran-Nya.

Walaupun kita adalah ciptaan baru, namun kita sadar bahwa kita juga masih hidup dalam segala kelemahan termasuk bisa jatuh dalam dosa. Namun dosa sudah tidak berkuasa lagi atas kita, Kristuslah yang berkuasa atas hidup kita. Ia akan menuntun dan membimbing kita kepada kebenaran-Nya. Bahkan Roh Kudus ada di samping kita, mendampingi kita dan menolong kita. Terpujilah Tuhan.

REFLEKSI
Renungkanlah : bagaimana pengalaman anda dalam menjalani perubahan dari hidup lama menuju hidup baru ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya untuk menjalani kehidupan yang baru di dalam Tuhan.

TINDAKANKU
Saya akan terus meminta pertolongan Roh Kudus, dalam menjalani hidup baru yang penuh tantangan ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«