suplemenGKI.com

“Pengharapan Anak-anak Allah”

Pertanyaan Penuntun Pemahaman Alkitab

  1. Ayat 19-23: Kenyataan apa yang harus dihadapi oleh kita, anak-anak Allah dalam hidup kita sekarang ini?
  2. Ayat 18: Keyakinan apa yang dimiliki Paulus dalam menghadapi penderitaannya? Apakah Anda juga mengimani dan mengamini hal tersebut?
  3. Ayat 24-25: Apa yang harus tetap dimiliki oleh anak-anak Allah dalam menghadapi penderitaannya?
  4. Ayat 26-30 : Temukan bagian mana saja dari ayat-ayat ini yang menguatkan Anda!

Renungan

Saat menghadapi penderitaan, hanya ada dua pilihan yang akan menentukan banyak hal tentang penderitaan itu sendiri, yaitu: berputus asa, atau tetap berpengharapan.  Bagi kita orang percaya, tetap berpengharapan meski sedang dirundung persoalan adalah sesuatu yang tidak mustahil.  Bukan omong kosong, melainkan kenyataan. Mengapa orang Kristen tetap dapat berpengharapan meski sedang dirundung berbagai persoalan? Jawabannya ada dalam bacaan kita hari ini.

  1. Karena penderitaan kita sekarang tidak sebanding dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita kelak saat Kristus datang kedua kalinya.  Penderitaan kita merupakan sarana pembentukan yang Allah gunakan untuk membuat kita serupa dengan Kristus.  Kristus yang tetap bertahan menghadapi penderitaanNya pada akhirnya menerima kemuliaan yang luar biasa.  Demikian pula dengan kita nantinya.  Bahkan Allah menjanjikan bahwa Ia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan sesuai dengan rencanaNya.
  2. Karena kita tidak menanggung penderitaan ini seorang diri.  Ada Roh Kudus yang menyertai kita.  Roh yang memampukan kita berdoa kepada Bapa.  Roh yang menghibur dan menguatkan kita.  Keberadaan Roh Kudus ini sekali lagi menjadi penegasan bahwa Allah turut bekerja, termasuk dalam penderitaan kita, untuk membuat kita semakin hidup sesuai rencana dan panggilanNya atas kita.

Dua hal tersebut diatas, jika diyakini dengan sungguh-sungguh oleh kita orang percaya, maka akan ada sikap yang berbeda, penghayatan yang baru dalam menghadapi segala persoalan hidup kita sekarang ini.  Teruslah mengarahkan diri pada kemuliaan yang akan datang, maka penderitaan yang datang silih berganti akan makin menunjukkan kemuliaan Allah dalam diri Anda dan kekuatan iman Anda akan makin terbangun.

“Penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” – Roma 8:18

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*