suplemenGKI.com

I Korintus 6:12-20

JAUHKAN DIRIMU DARI KECEMARAN

 

Pengantar
Kota Korintus merupakan salah satu kota penting dalam Perjanjian Baru. Korintus pernah dihancurkan dan dibangun kembali dimasa pemerintahan Julius Cesar. Korintus merupakan kota pelabuhan dan kota metropolitan yang berkembang. Dan seperti kota-kota besar lainnya, Korintus juga menjadi tempat pemujaan dewa-dewa kuno seperti Afrodit dan Apolo.

Jemaat Kristen di Korintus berada ditengah situasi dan kondisi yang tidak mudah. Berada di kota besar dengan keragaman budaya dan agama tentu membuat jemaat Kristen di Korintus diperhadapkan pada godaan besar. Perilaku menyimpang yang ada di masyarakat sedikit banyak tentu juga ditemukan di dalam persekutuan jemaat.

Pemahaman

Ayat 12 – 20         Nasihat-nasihat apa saja yang disampaikan Paulus dalam suratnya kepada jemaat Kristen di Korintus ?

Paulus menyampaikan bebagai nasihat penting bagi jemaat Kristen di kota Korintus. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk teguran sekaligus kewaspadaan agar jemaat Kristen di Korintus tidak terpengaruh pada situasi dan keadaan sekitarnya. Bahwa orang-orang Kristen di Korintus memang telah menerima Kristus dan dimerdekakan tetapi bukan berarti jemaat bersikap seenaknya dan tidak bertanggungjawb. Nasihat-nasihat penting yang disampaikan Paulus kepada jemaat Kristen antara lain: pentingnya menimbang segala sesuatu dengan hikmat. Kedua, tidak mencemari tubuh dan hidup dengan berbagai hal negatif seperti percabulan. Ketiga, mempersembahkan tubuh dan hidup untuk kebaikan dan kemuliaan nama Allah.

Hidup sebagai orang Kristen ditengah kota besar seperti Korintus memang tidak mudah. Berbagai godaan ada dihadapan mata. Apabila iman tidak sungguh-sungguh dihidupi maka akan dengan mudah terhasut dan terjebak pada tindakan yang menyimpang. Sama halnya seperti saat ini, dimana banyak orang Kristen mulai hidup sama seperti orang-orang yang belum mengenal Kristus. Praktek perilaku menyimpang juga banyak dijumpai oleh umat dimasa sekarang. Yang menyedihkan adalah perilaku itu dipraktekkan oleh mereka yang mengaku sebagai orang Kristen dan pengikut Kristus.

Paulus melalui suratnya menyampaikan pesan penting bahwa setiap orang Kristen dan pengikut Yesus seharusnya menjaga dirinya dari kecemaran dan dosa. Allah didalam Kristus Yesus telah memilih dan memanggil umat untuk diselamatkan dan dikuduskan. Umat diutus untuk menjadi orang Kristen dan pengikut Yesus yang bersaksi lewat kata dan perbuatan.

Refleksi
Apabila sikap dan perilaku yang dipraktekkan umat Allah sama dengan mereka yang belum mengenal Kristus, maka dimanakah letak perbedaan orang yang telah menerima keselamatan dengan yang belum menerima keselamatan itu ? Umat Allah didorong untuk memiliki kehidupan yang berbeda. Umat Allah harus menjadi terang dan teladan bagi orang-orang disekitarnya.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami agar mampu mengendalikan diri kami dengan baik. Jangan biarkan kami jatuh dalam pencobaan. Pimpin kami dengan Roh-Mu agar kami dikuatkan menghadapi cobaan dan godaan dunia.

Tindakanku
Membangun perilaku positif di keluarga, masyarakat dan persekutuan. Tekun dalam ibadah dan kegiatan gereja, dan menjauhkan diri dari perilaku, pergaulan dan gaya hidup yang negatif dan sia-sia

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*