suplemenGKI.com

BERSAKSI TENTANG SANG TERANG

Yohanes 1:6-8

 

Pengantar
Pernahkah Saudara bertanya mengapa dekorasi Natal tak bisa dipisahkan dari warna-warni lampu? Pohon Natal pun tampil cantik mempesona dengan kerlap-kerlip lampu. Oleh karenanya pohon Natal juga disebut pohon terang. Ada apa dengan Natal sehingga dirayakan dengan kerlap-kerlip lampu? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

? ayat 6-7: Siapakah Yohanes? Apakah tugas perutusannya?

? ayat 8    : Mengapa Yohanes harus bersaksi tentang Sang Terang?

Natal adalah peristiwa lahirnya Kristus, Sang Terang dunia. Di tengah dunia yang gelap oleh dosa dan kejahatan manusia, dibutuhkan kehadiran Sang Terang yang memberi pengharapan baru. Injil Yohanes memberitakan bahwa Terang yang nyata dan sejati akan bercahaya di dalam kegelapan dan akan menerangi setiap orang yang merupakan milik kepunyaan-Nya, yaitu orang-orang yang mestinya paling dekat dengan-Nya. Sang Terang menerangi setiap orang supaya semua orang dapat melihat jelas apa yang benar. Kabar tentang kehadiran Sang Terang dunia harus disebarkan ke segala penjuru dunia.

Bacaan hari ini menyatakan tentang kehadiran Yohanes yang diutus menjadi pemberita kabar tentang kehadiran Tuhan Yesus, Sang Terang dunia. Yohanes dipilih sebagai saksi-Nya. Bersaksi mengandung unsur keterlibatan pribadi dengan peristiwa-peristiwa yang disebut. Yohanes bersaksi tentang sesuatu yang telah dialami atau dilihatnya sendiri. Yohanes juga menunjukkan betapa pentingnya isi pesan yang disampaikannya. Pesan pertobatan dan pembaptisan adalah pesan penting yang harus disampaikan dalam rangka mempersiapkan jalan bagi TUHAN. Yang lebih penting bagi Yohanes adalah berita yang akan disampaikannya bukan dirinya. Ia bukanlah terang itu. Ia datang untuk bersaksi tentang terang itu.

Mari kita menyadari bahwa merayakan Natal bukan hanya bergembira dengan memasang aneka hiasan Natal dan pohon terang.  Merayakan kehadiran Tuhan Yesus, Sang Terang dunia perlu diwujudkan dengan  komitmen untuk menjadi pemberita kehadiran Sang Terang di tengah dunia gelap yang merindukan pencerahan dan terang. Merayakan Natal bukan hanya memasang warna-warni lampu yang terang tapi menyediakan diri untuk  memancarkan terang Sang Kristus di tengah aneka dosa dan kejahatan yang semakin menggelapkan dunia.

Refleksi
Dalam keheningan, bayangkanlah seorang anak yang begitu bersukacita ketika menyaksikan indahnya kerlap-kerlip lampu hiasan Natal. Jangan biarkan terang itu hanya ada dalam dekorasi. Renungkanlah apakah selama ini Saudara telah menjadi pembawa kabar tentang kehadiran Sang Terang dunia sehingga banyak orang mengalami sukacita dan memiliki pengharapan baru di tengah aneka persoalan yang menggelapkan kehidupannya? 

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku bersaksi tentang kehadiran-Mu sebagai terang dunia. Berikanlah aku keberanian untuk memancarkan terang kasih-Mu di mana pun.

Tindakanku
Setiap pagi aku akan memikirkan  minimal satu tindakan yang menyatakan kesaksian tentang kehadiran Sang terang dunia. Setiap malam, aku akan mengevaluasi diri apakah di sepanjang hari ini hidupku telah menjadi kesaksian akan kehadiran Kristus, Sang Terang dunia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*