suplemenGKI.com

Dalam bagian ini, Paulus berharap kepada jemaat yang ada di Efesus supaya mengalami perubahan dalam hidupnya ketika mengenal dan menerima Kristus Yesus. Orang yang mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus seharusnya memiliki sikap hidup yang sesuai dengan Kristus sebagai teladannya.

1.       Hal apakah yang paling mendasar dari kehidupan orang yang percaya?

2.       Hal apakah yang seharusnya dikejar oleh orang yang percaya dalam hidup ini?

3.       Apa nasehat Paulus tentang kepenuhan Roh?

4.       Apa yang seharusnya diucapkan oleh orang yang percaya dalam hidup ini?

5.       Bagaimanakah sikap kita kepada orang lain/sesama?

 

Renungan

                Paulus menyadari betul bahwa karakter hidup orang-orang di Efesus sebelum mengenal Kristus adalah orang-orang kegelapan, apa yang dilakukan mereka sangat memalukan. Namun ketika mereka telah mendengar dan percaya kepada Kristus Yesus, mereka dinasehati supaya meninggalkan manusia lamanya dan berganti pada manusia baru. Manusia baru yang telah diperbaharui oleh Tuhan Yesus, karena penebusan yang telah Ia lakukan. Manusia baru inilah yang membedakan dengan manusia lama.

                Paulus menasihati  jemaat di Efesus untuk memperhatikan bagaimana mereka hidup, bagaimana mereka menjalankan hidup ini? Hal bagaimana menjalankan hidup ini adalah hal yang paling mendasar dan harus diperhatikan dengan bijaksana. Jangan sampai orang yang sudah percaya kepada Yesus Kristus hidupnya tetap seperti yang dulu (manusia lama) atau tidak ada perubahan sama sekali. Paulus menasihati untuk dapat mempergunakan waktu dengan baik, mempergunakan waktu dengan baik yang dimaksud disini adalah mengunakan kesempatan- kesempatan yang ada dengan baik. Dengan kata lain Paulus mengajak supaya mereka menciptakan kesempatan-kesempatan yang baru untuk hidup dengan benar, karena kalau kita tidak melakukan yang baik pasti kita akan melakukan yang sebaliknya yaitu kejahatan.

                Orang yang percaya seharusnya hidup dalam rencana Tuhan dan berusaha untuk terus -menerus mencari kehendak Tuhan. Kehendak Tuhan menjadi prioritas dalam hidupnya, bukan kehendaknya sendiri. Orang yang senantiasa mencari kehendak Tuhan dapat  dilihat dari beberapa hal, antara lain orang tersebut hidupnya dipimpin oleh Roh Kudus, perkataanya penuh dengan puji-pujian, senantisa mengucap syukur dalam hidupnya, hidup dalam kerendahan hati serta hidup dalam takut akan Tuhan.

                Dunia berusaha menarik orang-orang yang percaya untuk hidup dalam manusia yang lama, namun orang-orang yang selalu mencari kehendak Tuhan dalam hidupnya akan selalu dipimpin oleh Roh dan dijauhkan dari keinginan duniawi.

                Yesus bukan hanya menebus kita dari dosa-dosa kita namun juga memberi kuasa kepada kita untuk hidup sebagai anak-anak Allah. Marilah kita hidup sebagai manusia baru dengan kekuatan kuasaNya.

Perubahan sikap hidup yang lebih baik diperlukan, dari pada

Hanya perubahan status seseorang

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

2 Comments for this entry

  • saya sangat terbantu dalam menjalani kehidupan ini khususnya selaku orang yg sudah ditebus dan sudah percaya pada Tuhan Yesus, amien Tuhan memberkati

  • Marlis Sidebang says:

    Terima kasih atas kotbahnya dan mohon di buat illustrasi yang sesuai ,untuk hari berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*