suplemenGKI.com

BERJAGA-JAGA DEMI KESELAMATAN

1 Tesalonika 5:1-11

 

Pengantar
Setiap pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm. Setiap pengendara mobil wajib menggunakan sabuk pengaman. Semua pengguna jalan wajib mentaati peraturan-peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Semua hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan selama ada di dalam perjalanan. Masih ada banyak hal lain yang kita lakukan demi menjaga keselamatan kita sehari-hari, sebab keselamatan merupakan satu hal penting yang harus selalu diperhatikan. Pada hari ini, kita akan melihat nasehat Paulus kepada jemaat di Tesalonika untuk selalu mampu berjaga-jaga dalam berbagai tantangan.

Pemahaman

  • Ayat 1-3               : Bagaimana gambaran Paulus tentang hari Tuhan?
  • Ayat 4-5               : Bagaimana cara jemaat di Tesalonika menghadapi tantangan?
  • Ayat 6-11             : Apa nasehat Paulus bagi jemaat di Tesalonika?

Tesalonika merupakan kota pelabuhan yang ramai dan menjadi pangkalan armada Romawi. Hal ini sekaligus menunjukkan konteks kehidupan kota Tesalonika yang menjadi kota yang dipenuhi oleh berbagai macam orang dari berbagai daerah yang datang untuk melakukan perdagangan. Pada masa pelayanan Paulus, Tesalonika juga dikenal sebagai kota yang dipenuhi oleh orang-orang Yahudi yang sering membuat orang-orang Kristen tergoncang imannya. Dalam nasehatnya kepada jemaat di Tesalonika, Paulus juga menekankan tentang pentingnya hidup bersama dan saling mengasihi agar mereka dapat saling menguatkan di tengah situasi dan tantangan.

Salah satu bagian yang khas ditampilkan oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Tesalonika adalah tentang kedatangan Kristus. Paulus memberikan gambaran tentang hari Tuhan dengan menunjukkan bahwa hari Tuhan itu datang seperti pencuri pada waktu malam dan seperti seorang perempuan yang sedang bersalin, yang menunjukkan bahwa waktu yang akan datang itu tidak dapat diprediksi dengan tepat. Dalam bacaan ini, malam adalah simbol kegelapan dan kejahatan, sedangkan siang adalah simbol pencerahan dan kebaikan. Dengan konteks kehidupan yang penuh dengan tantangan (orang-orang yang mau menjatuhkan iman dan gaya hidup yang tidak berkenan pada Tuhan), jemaat di Tesalonika diajak oleh Paulus untuk selalu berjaga-jaga demi keselamatan iman dan kehidupan orang percaya.

Berjaga-jaga tidak hanya berdampak bagi persiapan menghadapi hari Tuhan, tetapi juga menjadikan setiap orang hidup semakin terarah kepada Tuhan. Paulus menekankan pentingnya memiliki iman dan kasih, serta pengharapan akan keselamatan. Ia menggambarkannya seperti perlengkapan perang yang dapat membentengi atau mempertahankan diri dari berbagai “serangan” iman dan tindakan, yang sewaktu-waktu dapat membuat mereka lalai dalam berjaga-jaga demi keselamatan. Paulus sangat mengenal kehidupan jemaat di Tesalonika yang selalu dapat bekerja sama dan saling membangun. Untuk itulah, Paulus menekankan pentingnya saling menasehati dan membangun dalam rangka mengingatkan dan saling menjaga demi keselamatan dalam Yesus Kristus bagi semua orang.

Refleksi
Kita sering menjadi orang yang tidak siap dalam menghadapi “serangan” iman dan tidak berjaga dalam menjalani kehidupan kita dan mempertaruhkan iman kita dalam berbagai tindakan kita sehari-hari. Paulus secara khusus menekankan tentang berjaga-jaga bukan untuk menghadirkan situasi mencekam dalam menyambut hari Tuhan, namun Paulus ingin agar semua orang percaya semakin teguh dan kuat dalam mengingat hari Tuhan. Berjaga-jaga adalah tindakan yang tegas dan tanpa kompromi terhadap godaan dan dosa. Maka dari itu, berjaga-jaga dapat dilakukan dengan cara hidup benar di dalam aktivitas kita sehari-hari, baik di dalam pekerjaan, proses pendidikan, pelayanan, serta hidup bermasyarakat.

Tekadku
Tuhan, buatlah imanku semakin kuat untuk menghadapi berbagai situasi kehidupan, sehingga saya selalu mampu berjaga-jaga demi keselamatan yang Engkau sudah siapkan bagi kehidupanku.

Tindakanku

1.  Saya akan mencatat hal-hal yang sulit saya hadapi karena bertentangan dengan iman.

2. Saya akan mendoakannya dan memohon kekuatan dari Tuhan agar selalu mampu berjaga-jaga demi keselamatan dalam Kristus Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*