suplemenGKI.com

Matius 11:2-6

DIA MEMBAWA BUKTI BUKAN JANJI

 

PENGANTAR
Ketika ada orang yang ragu akan identitas dan kemampuan kita, apakah yang harus kita lakukan?  Apakah kita akan menempelkan selembar kertas yang bertuliskan identitas dan prestasi kita?  Atau, kita membuat iklan besar di surat kabar yang memuat semua jati diri dan semua hal yang sudah kita capai?  Atau, mungkin mengadakan  jumpa pers khusus untuk mengatakan “siapa diri kita”.  Tuhan Yesus juga mengalami hal ini, lalu bagaimana Tuhan Yesus menanggapi orang yang meragukan diri-NYA?

PEMAHAMAN
Ayat 2-3 : Bagaimana keadaan Yohanes Pembaptis  saat dia meminta muridnya menanyakan siapa diri Yesus?
Ayat 4-6 : Bagaimana Tuhan Yesus Menanggapi hal ini?
Apakah kita sudah punya keyakinan siapa Yesus dalam hidup kita?

Hidup dalam penjara membuat Yohanes Pembaptis sangat tertekan dan kehilangan rasa percaya diri.  Dia sangat berharap bahwa Yesus yang datang sebagai Mesias akan membebaskannya.  Namun karena yang diharapkannya tak kunjung terwujud maka Yohanes Pembaptis meragukan jati diri Yesus (Ayat 2-3).  Menanggapi keraguan Yohanes Pembaptis terhadap diri-NYA, Tuhan Yesus bukannya marah dan lalu berteriak memproklamirkan diriNya bahwa: “Akulah Mesias”, tetapi menyuruh murid murid Yohanes Pembaptis untuk  “Pergi dan katakanlah apa yang kamu dengar dan kamu lihat…” tentang berbagai tanda Mujizat yang sudah dibuat-NYA.

Jawaban Yesus ini mengandung makna: Pertama, Yesus ingin pengakuan bahwa Dia adalah Mesias bukan keluar dari diri-Nya melainkan pengakuan yang keluar dar mulut orang yang telah melihat apa yang sudah Dia kerjakan.  Kedua, Tuhan Yesus ingin mereka yang sudah melihat mujizat-mujizat yang telah dilakukan-Nya untuk pergi dan mengatakan atau menyaksikan kepada orang lain, sehingga akan banyak orang bisa merasakan kehadiran-NYA dan menjadi percaya bahwa Sang Mesias telah datang.

Jadi jelas bahwa Tuhan Yesus ingin mengajarkan kepada kita janganlah ragu akan kehadiran Sang Mesias karena karya-Nya telah nyata dalam hidup: yang buta melihat, tuli mendengar, lumpuh berjalan, mati dihidupkan dan orang miskin menerima kabar baik.  Tuhan Yesus telah membawa bukti bukan janji!  Dia memberikan jaminan kebahagiaan kekal bagi kita yang tidak menolak Dia.  Percayalah!

REFLEKSI
Betapa sering dalam pergumulan yang berat membuat kita meragukan Yesus Sang Mesias telah hadir dalam hidup kita. Tekanan demi tekanan membuat kita tidak bisa lagi melihat karya nyata-Nya.  Atau kita bisa melihat apa yang sudah Tuhan kerjakan tetapi kita tidak menceritakannya kepada sesama yang membawa mereka menyadari kehadiranNYA.

TEKADKU
Tuhan bantulah aku, meski kadang pergumulan hidup begitu berat namun aku tidak meragukan bahwa Engkaulah Mesias penolongku, dan aku selalu bisa melihat karya-Mu dalam hidupku.

TINDAKANKU
Hari ini aku akan menceritakan karya Tuhan dalam hidupku minimal kepada satu orang dan mengajaknya mengingat karya Tuhan dalam hidupnya, sehingga kita semua makin dikuatkan dalam iman bahwa benar Yesus sudah datang untuk kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*