suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 24 : 36 – 48.

Hema : Kebangkitan Kristus Jawaban Dari Keraguan.

PENGANTAR
Bacaan ini berada setelah kisah penampakan Yesus Kristus kepada dua orang di jalan menuju Emaus. Kedua murid itupun bergegas ke Yerusalem untuk menceritakan apa yang telah terjadi. Sudah barang tentu peristiwa ini  sangat mengejutkan para murid namun juga menguatkan mereka bahwa Yesus Kristus guru mereka telah bangkit. Suasana bingung dan ketakutanpun menyelimuti para murid yang saat itu sedang berkumpul. Dan ketika mereka sedang membicarakan hal itu Yesus Kristus tiba-tiba berada di tengah-tengah mereka. Suasanapun semakin tegang dan penuh ketakutan. Seandainya anda adalah salah satu dari kelompok murid-murid bagaimana perasaan anda ?

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus pada saat hadir di tengah-tengah para murid ? ( ayat 36  )
  2. Bagaimana keadaan para murid pada saat Yesus Kristus tiba-tiba hadir di tengah-tengah mereka ( ayat 37-38 ).
  3. Bagaimana Yesus Kristus meyakinkan para murid-Nya  ?  ( ayat ayat 39 – 44 )

Belum semua murid mendengar dan menyaksikan kebangkitan Yesus Kristus. Ketika dua murid yang telah  bertemu Yesus Kristus di jalan menuju Emaus bercerita kepada para murid, sikap para muridpun masih penuh dengan tanda tanya. Oleh sebab itu Yesus Kristus secara tiba-tiba menampak kan diri kepada semua murid. Dengan cara yang khas Yesus Kristus mengucapkan salam, “Damai sejahtera bagi kamu”. Ini merupakan ucapan salam yang menyejukkan agar yang menerima salam, merasa tenang, aman, nyaman dan bahagia. Namun yang terjadi malah sebaliknya, para murid ternyata terkejut dan takut bahkan penuh keraguan. Melihat keadaan yang kurang nyaman tersebut Yesus Kristus kemudian meyakinkan mereka bahwa Dia adalah Yesus. Namun para murid masih penuh keraguan.

Keraguan para murid tersebut dijawab oleh Tuhan Yesus dengan membuktikan kebangkitan-Nya.

Pertama :Yesus Kristus menunjukkan tangan dan kaki-Nya yang berbekas paku dan tubuh yang berdaging dan bertulang. Sebab hantu tidak punya daging dan tulang.

Kedua : Yesus Kristus membuktikan dengan makan sepotong ikan goreng. Hantu tidak mungkin melakukan hal itu seperti yang dilakukan oleh Yesus.

Ketiga : Yesus Kristus mengungkapkan karya besar yang telah terjadi yaitu penggenapan nubuat kitab suci tentang Mesias yang berkarya untuk mengampuni dosa manusia.

Walaupun Yesus Kristus telah membuktikan perihal kebangkitan-Nya, namun para murid masih berada dalam kondisi masih ragu-ragu. Keraguan para murid itu mencerminkan sikap orang kristen yang menjadi alamat penerima dan pembaca injil Lukas. Ketika Tuhan Yesus membuktikan kebangkitan-Nya, masihkah mereka ragu-ragu ? Apakah iman anda juga penuh keraguan ?

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : apakah anda pernah mengalami keraguan kepada Tuhan Yesus ? Dalam hal apa ?

TEKADKU
Ya Tuhan, teguhkanlah iman saya supaya kuat dalam menjalani hidup yang penuh dengan tantangan.

TINDAKANKU
Saya harus menjalani hidup ini dengan iman yang teguh, apapun yang terjadi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«