suplemenGKI.com

Ibrani 4:14-16.

 

Imam Besar Agung Selalu Bersamamu

Mungkin kita sering menjumpai bahwa ada banyak orang percaya yang masih sering mengalami kelemahan dalam perjalanan hidup rohani mereka, atau mungkin kita sendiri juga masih sering mengalami jatuh bangun dalam kehidupan kerohanian kita. Apakah penyebabnya sehingga kondisi demikian terus terjadi, padahal setiap orang percaya sudah diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah, maka pasti aman di dalam lindungan Tuhan, bukan! (Yoh 1:12) Penyebabnya adalah karena ketika kita mengalami peristiwa-peristiwa tertentu yang kemudian mulai mengganggu/merusak kehidupan rohani/emosional mereka pada saat yang sama kita mencoba berusaha mengatasi atau menghadapinya sendiri dengan segala kelemahan dan keterbatasan kita dan lupa bahwa ada imam agung yang seharusnya menjadi andalan kita. Sebagai akibatnya hidup kita bagaikan kirbat yang bocor, dan apapun yang pernah Tuhan berikan kepada kita sebagai anugerah-Nya seakan-akan diam karena kita tidak menjadikannya sebagai anugerah yang harus menguasai hidup kita. Hari ini kita akan mempertajam kepekaan kita akan kehadiran imam besar agung yang dalam hidup kita, sehingga kita tidak merasa berjuang sendiri tetapisenantiasa bersama dengan Dia sebagai Imam kita.

 Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apakah yang dimaksud: Yesus sebagai Imam Besar Agung?
  2. Apa pula yang dimaksud dengan Imam Besar Agung yang telah melintasi semua langit dan merasakan kelemahan-kelemahan kita?
  3. Bagaimana supaya kita dapat mengalami pertolongan dari Imam Besar Agung kita?

 Renungan:

            Tidak semua orang percaya memahami ayat yang telah kita baca diatas terkait dengan Yesus sebagai Imam Besar agung. Surat Ibrani memberikan sedikit informasi kepada kita tentang Yesus sebagai Imam besar. Yesus sebagai Imam Besar kita, yang telah menyelesaikan karya penyelamatan-Nya bagi manusia berdosa yang percaya kepada-Nya, kemudian Ia naik ke Surga bertahta selama-lamanya di Surga untuk memerintah dalam kekuasaan-Nya. Tetapi walaupun Dia telah naik ke dalam Surga yang mulia, namun Dia juga Allah yang Imanuel yang selalu beserta kita dalam keadaan suka, duka, sehat maupun sakit Dia selalu mendampingi kita, sehingga kita tidak berjalan sendirian. Yesus sebagai Imam Besar kita juga berkuasa dan mampu mengampuni dosa kita, menyelamatkan kita, dan membela kita dari segala pergumulan hidup, Yesus sebagai Imam Besar kita juga berkuasa melepaskan kita dari berbagai kelemahan, pencobaan, sakit penyakit, dan kesulitan bagaimanapun besarnya karena Ia telah terbukti sanggup melewati pergumulan dan pencobaan sehebat apapun ketika Ia menjalani misi penyelamatan-Nya di dunia ini.

Dia imam besar yang memahami kelemahan-kelemahan kita, adalah mengandung arti ikut ambil bagian dalam penderitaan kita, bahkan ikut menanggung segala penderitaan kita. Imam Besar agung juga yang selalu mendampingi kita dan memahami sepenuhnya apa yang tengah kita hadapi. Hidup yang tak menentu ini membutuhkan penyerahan diri sepenuhnya untuk setiap kelemahan-kelemahan yang kita miliki yang membuat kita menjauh dari-Nya. Maukah anda mempertaruhkan segenap hidup anda ke dalam tangan tangan-Nya?

            Ketika kita memahami bagaimana peran dari Imam agung Tuhan Yesus Kristus kepada kita, maka tidak ada yang lebih pantas untuk kita lakukan sebagai ungkapan syukur kepada-Nya selain setia, taat dan melayani Dia dengan sungguh-sungguh selagi masih ada kesempatan. Itu merupakan bagian dari syukur kita kepada-Nya yang senantiasa bersama dengan kita dalam keadaan apapun juga. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*