suplemenGKI.com

Sabtu, 13 Mei 2017

12/05/2017

Sudah Disediakan (Reserved!)

Yohanes 14:1-3

 

Pengantar
Papan bertuliskan Reserved yang biasanya diletakkan di atas meja sebuah restoran, menandakan bahwa meja itu sudah dipesan. Pemesan meja itu tak perlu kuatir kehabisan tempat, sebab restoran telah menyediakan tempat untuknya. Ternyata TUHAN juga telah menyediakan tempat bagi kita. Di manakah tempat itu? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 1    : Apa perintah TUHAN YESUS kepada murid-murid-Nya?
  • Ayat 2-3 : Apa yang dijanjikan Tuhan YESUS kepada murid-murid-Nya?

TUHAN YESUS memberikan perintah kepada para murid agar mereka tidak gelisah dan tetap percaya kepada-Nya. Mengapa perintah itu diberikan? Karena para murid gelisah setelah mendengar berita bahwa Sang Guru yang mereka banggakan dan yang menjadi panutan harus mati. Pastilah mereka  bertanya dalam hati bagaimana nasib mereka ketika  ditinggal Sang Guru. Oleh karena itu  TUHAN YESUS meminta mereka untuk percaya. TUHAN YESUS ingin menguatkan mereka bahwa kepergian-Nya hanya sementara untuk menyiapkan rumah masa depan penuh damai sejahtera bagi mereka. Itulah rumah yang akan menjadi tempat tinggal para murid dan setiap orang percaya bersama TUHAN; rumah penuh kebahagiaan dan kedamaian.  Apalagi yang perlu dikuatirkan bila rumah masa depan sudah disediakan oleh TUHAN?

Janji TUHAN ini bukan hanya berisi pengharapan di masa depan setelah orang-orang percaya meninggalkan dunia ini, tapi juga merupakan jaminan bagi setiap murid bahwa kesusahan yang akan mereka alami akan berbuahkan kebahagiaan abadi apabila mereka sungguh-sungguh percaya dan mempercayakan diri kepada TUHAN. Memang tidak mudah untuk memahami kehendak dan karya TUHAN namun hidup beriman adalah menyerahkan diri sepenuhnya kepada TUHAN di tengah ketidakmengertian akan misteri kehidupan. Selalu ada karya baik yang TUHAN siapkan bagi kita semua; bahkan selalu ada rumah damai sejahtera yang TUHAN siapkan ditengah banyak kegelisahan manusia yang dilanda aneka badai kehidupan.

Apakah saat ini Anda merasakan rumah damai sejahtera? Ataukah rumah kehidupan Anda berisi kegelisahan dan kekuatiran? Sudahkah Anda mempercayakan hidup kepada TUHAN dengan sepenuh hati?  Jangan lewatkan waktu hidup ini dengan sia-sia, segeralah berpegang erat pada tangan TUHAN yang terulur menyelamatkan maka Anda akan dituntun memasuki rumah damai sejahtera. Jangan biarkan gunung persoalan menghalangi pandangan Anda dari TUHAN. Terus pandang dan percaya pada TUHAN dalam setiap keadaan.

Refleksi
Lihatlah apa yang Anda miliki saat ini, pakaian? makanan? keluarga? Bukankah TUHAN yang mengasihi Anda, menyediakan itu semua buat Anda? Sudahkah Anda pun percaya bahwa Dia pun akan menyediakan tempat bagi kita di Surga sana?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku menghidupi rumah kehidupan ini dengan iman dan pengharapan yang teguh kepada-Mu. Ajar aku untuk berani berkata, “Cukuplah bagiku bila TUHAN selalu bersamaku”.

Tindakanku
Aku mau mewujudkan iman yang teguh kepada Tuhan dengan belajar atau bekerja dengan baik, aku mau melayani dengan lebih sungguh-sungguh, aku mau berrelasi dengan siapapun dalam  kasih sambil menantikan TUHAN menepati janji untuk membawaku tinggal bersama dengan Dia di rumah masa depan yang penuh damai sejahtera.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«