suplemenGKI.com

Roma 10:11-15.

 

Proses Menjadi Percaya

Pengantar:

Jika saudara ingin berpergian ke suatu kota atau ke luar negeri atau ke suatu tempat rekreasi yang indah, sedangkan saudara belum pernah ke tempat-tempat tersebut, maka agar saudara dapat menikmati keindahan suatu kota, negara atau tempat-tempat rekreasi tersebut saudara harus meminta bantuan tour guide untuk menunjukkan, mengantar dan menjelaskan tempat-tempat, kota atau negara yang saudara tuju. Jika tidak maka saudara mungkin akan bingung dan dihantui perasaan kuatir dan sebagainya. Kuatir akan keamanan, kuatir akan tersesat dan sebagainya. Bacaan hari ini berbicara tentang proses untuk menjadi percaya kepada Tuhan Yesus, dibutuhkan proses pemberitaan.

Pemahaman:

  1. Apakah maksud pernyataan Paulus di ayat 13?
  2. Apakah yang hendak ditekankan oleh Paulus melalui pernyataan di ayat 14-15?

Pernyataan Paulus dalam ayat 13 diawali dengan sebuah undangan, agar orang berseru kepada nama Tuhan. Manusia diciptakan dengan kecenderungan untuk mengakui sesuatu yang dianggapnya Tuhan. Tetapi karena manusia tidak tahu siapa Tuhan yang sesungguhnya yang dapat menyelamatkan, maka tidak jarang atau banyak manusia yang berseru tetapi kepada tuhan yang salah. Karena berseru kepada tuhan yang salah, maka bukannya keselamatan yang diperoleh melainkan akan menuju pada kebinasaan.

Agar manusia tidak berseru kepada tuhan yang salah (yang bukan Tuhan Yesus) maka perlu ada yang memberitahukan siapa Tuhan yang sesungguhnya. Sehingga mereka kemudian mengenal Tuhan yang benar dan percaya kepada-Nya. Dengan mengenal dan percaya kepada Tuhan yang benar, maka mereka akan memperoleh keselamatan kekal.

Kita sebagai orang-orang yang sudah mengenal, percaya dan diselamatkan di dalam Tuhan Yesus Kristus dipanggil untuk memberitakan Kristus itu kepada mereka yang belum mengenal Kristus. Sesungguhnya dunia sekitar kita begitu menantikan kehadiran kita untuk memberitakan Kristus kepada mereka. Rasul Paulus dengan tegas menekankan bahwa: Untuk memberitakan keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus dibutuhkan kerelaan, kesediaan dan kesetiaan untuk bersaksi tentang Kristus kepada mereka yang belum mengenal Kristus. Berskasi tentang Kristus bisa melalui komunikasi verbal, bisa melalui sikap hidup kita yang mencerminkan karakteristik hidup yang benar atau sepadan dengan panggilan kita.

Refleksi:
Pernahkah saudara memikirkan tentang orang-orang terdekat yang sedang menunggu saudara untuk bersaksi tentang Kristus bagi mereka? Lakukanlah sekarang, jangan bairkan mereka menunggu terlalu lama.

Tekad:
Tuhan Yesus, saya ingin bersaksi tentang Engkau kepada keluarga saya yang belum percaya, berikan keberanian kepada saya untuk melakukannya agar mereka mengenal Engkau.

Tindakkan:
Saya mau berdoa setiap hari untuk keluarga saya yang belum percaya kepada Kristus, agar suatu saat mereka membuka hati dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*