suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 21 : 5 – 11.

Tema : Tanda-tanda zaman.

PENGANTAR.

Bacaan kita berbicara tentang keindahan Bait Allah yang sangat mempesona, megah dan kokoh. Didalam Bait Allah pilar-pilar serambi terbuat dari batu marmer putih, ornamen-ornamen perhiasan seperti tanaman menjalar terbuat dari emas yang padat. Bagi orang Yahudi Bait Allah merupakan kebanggaan yang tiada taranya. Bahkan murid-murid Tuhan Yesuspun sangat bangga. Ditengah-tengah kekaguman semua orang terhadap Bait Suci, tiba-tiba Tuhan Yesus berkata tentang Bait Suci bahwa, “akan datang harinya dimana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak diatas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan”. Sesungguhnya apa yang sedang dibicarakan oleh Tuhan Yesus ? marilah kita memahami pernyataan Tuhan Yesus melalui renungan hari ini.

PEMAHAMAN.

  1. Apa makna di balik pernyataan Tuhan Yesus tersebut ? kapan itu terjadi ? ( ayat 5-7 )
  2. Apa tandanya ? ( ayat 8 – 11 )
  3. Bagaimana sikap kita ?

Setiap orang Yahudi percaya bahwa Bait Allah merupakan simbol kehadiran Allah. Oleh sebab itu kemegahan, kekokohan dan keindahan Bait Allah menjadi perlambang dari kekuatan dan kebesaran bangsa Israel. Mereka percaya bahwa selama Bait Allah berdiri kokoh maka bangsa Israel akan menjadi bangsa yang jaya. Namun Bait Allah yang sangat megah, kokoh dan indah tersebut  dinubuakan Tuhan Yesus akan runtuh. Murid-muridpun percaya dengan nubuatan Tuhan Yesus. Oleh sebab itu mereka bertanya, “Guru, bilamanakah hal itu akan terjadi ? dan apakah tandanya ?Sejarah mencatat bahwa Yerusalem jatuh ke tangan tentara Romawi pada tahun 70 Masehi. Bahkan Bait Allah diluluhlantakkan rata dengan tanah.  Bukankah tragediyang memilukan tersebut merupakan penggenapan nubuat Tuhan Yesus ? Tuhan Yesuspun menyebutkan rangkaian peristiwa mengenai peperangan, pertikaian antar bangsa, bencana alam, penderitaan, kekejaman penguasa dan ketegangan dalam keluarga. Peristiwa-peristiwa yang disebutkan Tuhan Yesus adalah rangkaian peristiwa yang silih berganti terjadi dalam sejarah kehidupan manusia. Namun sebenarnya apa yang hendak Tuhan Yesus katakan lewat peristiwa-peristiwa yang memilukan tersebut ? Hal itu dilakukan Tuhan Yesus dalam upaya memberikan kekuatan kepada para murid untuk memaknai hidup dimasa kini. Menjadi murid Kristus atau orang Kristen tidaklah mudah. Ditengah-tengah situasi dan kondisi yang sulit dan menghimpitpun orang Kristen harus mampu melakukan kehendak Tuhan dengan setia walaupun harus menghadapi tantangan dan hambatan yang tidak mudah.Janganlah menyerah dan putus asa karena jika kita setia pasti Tuhan Yesus akan menjaga. Percayalah ! amin.

REFLEKSI.

Renungkanlah ! siapkah saudara menghadapi hari Tuhan ? siapkah saudara menghadapi segala kesulitan yang akan terjadi ? Ditengah-tengah kesulitan dan penderitaan yang akan terjadi mampukah saudara melakukan kehendak Tuhan ?

TEKADKU.

Ya Tuhan, ditengah-tengah kesulitan dan penderitaan, mampukanlah saya melakukan kehendak-Mu.

TINDAKANKU.

Ditengah-tengah kesulitan dan penderitaan saya harus menjalani hidup dengan taat dan setia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*