suplemenGKI.com

MENANTI DALAM BIMBINGAN  ROH

I Tesalonika 5:16-24 

Pengantar
Menanti bukanlah hal yang mudah, apalagi menanti seseorang yang tak pasti kapan datangnya. Itulah yang dirasakan oleh jemaat Tesalonika yang sedang menanti datangnya akhir zaman; saat TUHAN YESUS datang kembali. Bagaimanakah seharusnya sikap umat TUHAN di masa penantian? Marilah kita merenungkannya! 

Pemahaman

  • Ayat 16-22  : Apakah nasihat yang diberikan Rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika yang sedang menantikan akhir zaman?
  • Ayat 23-24   : Harapan apakah yang termuat dalam doa berkat yang diucapkan Rasul Paulus untuk jemaat Tesalonika?

Tak seorang pun tahu kapan datangnya akhir zaman. Sekalipun orang  beriman percaya bahwa akhir zaman sudah dekat, namun toh tetap  tidak dapat memastikan kapan datangnya. Oleh karena itu sikap yang tepat dalam masa penantian adalah berjaga-jaga agar sewaktu-waktu TUHAN datang, umat siap dan layak menyambut-Nya.  Sikap berjaga-jaga bukanlah sikap pasif namun  sebuah tindakan aktif dalam karya iman di masa kini seperti nasihat Rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika.

Rasul Paulus menerjemahkan sikap berjaga-jaga dalam satu paket tindakan iman yaitu: bersukacita senantiasa ( ayat 16 ), tetap berdoa ( ayat 17 ), mengucap syukur dalam segala hal ( ayat 18 )  dan menumbuhkan kepekaan akan karya Roh yang menggerakkan batin ( ayat 19-22 ). Semua ini akan menjauhkan orang  dari segala kejahatan.   Umat dipanggil untuk menjalani hidup dalam bimbingan Roh.  Dengan kata lain  umat diajak menjaga diri agar tidak kehilangan kegembiraan hidup, menemukan arti doa dan syukur dalam keberuntungan maupun dalam kesukaran serta tetap terbuka bagi Roh TUHAN yang  menggerakkan batin.  Semua itu akan  menjauhkan orang dari segala yang jahat.

Yang dimaksud “yang jahat”  bukan semata-mata perkara hukum atau moral  melainkan kenyataan rapuhnya kehidupan manusia dan besarnya kekuatan-kekuatan yang  mengancamnya. Kekuatan itu sering tak terlihat langsung tapi yang jelas ada kekuatan yang justru membawa kemerosotan.  Itulah hawa nafsu kedagingan yang bergerak menggerogoti kemanusiaan hingga menjadi timpang dan cacat. Hal ini baru disadari bila diperiksa dengan kepekaan rohani.  Oleh karena itulah penting untuk mengisi masa penantian akan kedatangan TUHAN dengan membangun kedekatan dengan-Nya dalam doa agar semakin peka pada bimbingan Roh Kudus. Nasihat ini bukan hanya bagi jemaat Tesalonika tapi juga bagi kita semua di masa kini.

Selain memberikan nasihat, Rasul Paulus juga mendoakan agar jemaat mampu hidup seperti yang dinasihatkannya. Dalam ayat 23-24, Rasul Paulus mengucapkan doa berkat yang mengungkap kepercayaan akan TUHAN, Sang maha kuasa yang memampukan orang percaya menanti akhir zaman dengan karya iman yang benar. Kalau manusia mudah rapuh menghadapi kedagingan dan kesulitan hidupnya, maka kekuatan TUHAN menjadi penopang yang menolongnya.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah apakah Saudara telah mengisi perjalanan hidup ini dengan tindakan-tindakan aktif  iman untuk menyambut kedatangan KRISTUS kembali?   Apakah Saudara selalu peka mendengar bimbingan Roh Kudus ataukah lebih mendengar keinginan daging?

 

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku berjaga-jaga menanti kedatangan-Mu dengan selalu bersukacita, tetap berdoa, bersyukur dalam segala keadaan serta mengerjakan karya iman dalam bimbingan Roh Kudus.

Tindakanku

  • Dengan serius aku akan menyediakan waktu yang cukup untuk berdoa bukannya menunggu waktu yang tersisa.
  • Aku akan mengisi waktu doa bukan hanya dengan kalimat pinta tapi untuk mendekatkan diri kepada TUHAN serta merasakan kehadiran dan bimbingan Roh Kudus agar semakin hari aku semakin mampu mempersembahkan karya iman yang memuliakan TUHAN.
  • Dalam segala keadaan aku akan selalu bersyukur dan bersukacita sebab aku yakin TUHAN selalu memberiku kekuatan, pertolongan dan topangan.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*