suplemenGKI.com

Sabtu, 11 Juni 2016

10/06/2016

PENGAMPUNAN BAGI SEORANG BERDOSA

Lukas 7:36-50

 

Pengantar
Seorang anak berusia 11 tahun sedang bersepeda di pagi hari. Tiba-tiba ia berhenti di depan sebuah rumah. Ia melihat pohon jambu yang buahnya sudah masak. Anak ini menjadi tergiur olehnya. tanpa pikir panjang ia segera menyandarkan sepedanya pada pada pagar rumah lalu memanjat pohon jambu dan memetik buahnya. Tanpa disadari, pemilik rumah sudah berada di bawah pohon jambu. Anak itu kaget, lalu turun dan dengan malu ia meminta maaf pada pemilik pohon jambu itu. Pemilik pohon jambu tidak marah, tetapi tersenyum bahkan membantunya memetik buah jambu. Anak itu sangat bersukacita karena kesalahannya telah diampuni oleh si pemilik pohon jambu.

Pemahaman

  • Ayat 36-38    : Apa yang saudara pahami tentang tindakan perempuan berdosa yang mengurapi kaki Yesus?
  • Ayat 48-50    : Mengapa Yesus mau mengampuni dan menyelamatkan perempuan berdosa itu?

Lukas 7:36-50 berkisah tentang Yesus yang diurapi oleh perempuan yang berdosa. Saat itu Yesus sedang berada di rumah Simon, orang Farisi. Perempuan itu pasti telah mendengar tentang Yesus. Ia percaya bahwa Yesus sanggup melepaskannya dari lumpur dosa. Sama seperti perempuan Yahudi yang lain, ia mengenakan sebuah botol kecil yang berisi minyak wangi di lehernya. Minyak wangi itu sangat mahal harganya. Dengan menangis ia datang kepada Yesus. Ia menyeka kaki Yesus dengan rambutnya dan meminyakinya dengan minyaknya. Mungkin bagi orang yang melihatnya ini adalah tindakan yang tidak sopan namun perempuan itu tidak peduli dengan pendapat orang-orang di situ. Oleh sebab itu ketika Yesus melihat tindakan wanita itu, Ia mengampuni dan menyelamatkannya. Iman perempuan berdosa itu telah mengantarnya mengalami anugerah dari Tuhan Yesus secara cuma-cuma.

Melalui kisah ini kita melihat bahwa seorang yang membutuhkan Yesus datang kepada-Nya, percaya bahwa Yesus sanggup melepaskannya dari lumpur dosa, serta memberikan persembahan yang terbaik dari yang ia miliki sebagai ucapan syukur atas kasih Yesus pada dirinya.

Refleksi
Ambillah saat hening sejenak. Dalam sebuah kertas, tulislah latar belakang hidup Saudara. Renungkanlah bahwa dengan latar belakang Saudara yang mungkin dipenuhi oleh masa lalu yang suram, ternyata tak menghentikan tangan Tuhan untuk menyelamatkan Saudara. Anugerah Tuhan itu sudah Saudara terima secara cuma-cuma. Tindakan apa yang seharusnya Saudara lakukan agar kasih dan pengampunan itu tidak hanya Saudara rasakan sendiri?

Tekad
Tuhan, aku bersyukur untuk pengampunan-Mu di hidupku. Engkau telah mengampuni dosa-dosaku. Ajarku untuk membagikan pengalaman kasih dan pengampunan-Mu kepada orang lain sehingga mereka turut menikmati kasihMu dalam hidup mereka.

Tindakan
Sebagai seorang yang telah menerima pengampunan dosa, aku akan bersaksi tentang hidupku yang telah diampuni oleh Tuhan kepada orang-orang disekitarku yang saat ini sedang dihina dan diabaikan karena kesalahannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*