suplemenGKI.com

Sabtu, 11 Juli 2020

10/07/2020

KARUNIA BAGI DUNIA

Mazmur 65 : 10 – 14 

 

Pengantar
Dalam situasi wabah Covid-19 sekarang ini, apa yang menjadi perhatian kita? Apa yang juga kita siapkan (sediakan) untuk menghadapi dan menjawab berbagai persoalan hidup yang muncul? Tentu kita diharapkan tidak berpikir hanya untuk kepentingan dan kebutuhan pribadi, tetapi juga untuk keluarga, dan masyarakat secara luas. Melalui firman TUHAN dalam Mazmur 65 : 10 – 14  yang kita baca pada hari ini, kita diajak untuk tidak saja terpaku atau berfokus pada apa yang bisa kita perhatikan dan kita sediakan tapi mengarahkan mata iman kita kepada perhatian dan penyediaan karunia TUHAN bagi kehidupan umat-NYA dan dunia ini. Dengan demikian kita dimampukan (disadarkan) untuk melihat jejak-jejak (rekaman) kehadiran TUHAN dalam peristiwa kehidupan ini.

Pemahaman
Ayat  10 – 12       :  Apa yang TUHAN perhatikan dan sediakan?
Ayat  13 – 14       :  Apa makna dari penggambaran alam yang bersorak-sorai dan bernyanyi-nyanyi?

TUHAN memperhatikan kehidupan alam untuk menyatakan kebaikan-NYA dan itu dikaruniakan dalam segala kelimpahan dan kekayaan, serta jaminan sumber air ALLAH yang penuh. Dengan demikian ada bahan makanan (kebutuhan hidup) yang tersedia bagi umat-NYA. Sumber air ALLAH akan mengairi, membasahi, menggemburkan, dan memberkati alam untuk menyatakan kebaikan-NYA dalam tahun-tahun kehidupan umat-NYA. TUHAN berkuasa untuk mengendalikan dan menata air untuk menyatakan kebaikan-NYA. Ketika TUHAN hadir (jejak-NYA), maka akan lahir kelimpahan (lemak).

Pemazmur juga menggambarkan bahwa alam akan bersorak-sorai dan bernyanyi-nyanyi karena merasakan dan merayakan segala perhatian dan kebaikan TUHAN. Sungguh suatu keindahan yang TUHAN berikan. Keindahan dan dan sekaligus kelimpahan karunia yang patut disyukuri.

Perhatian dan penyediaan segala yang kita butuhkan dari TUHAN kiranya membuat kita juga bergerak (mengalir) dan mengairi orang-orang di sekitar kita dengan segala karunia baik TUHAN, memperpanjang jangkuan jejak kehadiran-NYA yang membawa sukacita.

Refleksi
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita menyadari adanya perhatian TUHAN bagi hidup kita? Juga penyediaan hal-hal baik yang TUHAN karuniakan.
  • Apakah kita juga dapat bersyukur atas segala aliran karunia TUHAN? Di tengah kegersangan dan keterbatasan hidup saat ini.         

Tekad
TUHAN, jadikan aku pribadi yang dapat melihat jejak perhatian dan karunia TUHAN serta mensyukurinya di tengah berbagai situasi kehidupan.

Tindakanku
Aku akan menempuh perjalanan hidup ini dengan merayakan kehadiran TUHAN dan membagikan kelimpahan karunia TUHAN bagi sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«