suplemenGKI.com

Sabtu, 11 Juli 2015.

10/07/2015

Bacaan : Efesus 1 : 9-14.

“ROH KUDUS SEBAGAI JAMINAN PENEBUSAN”

PENGANTAR.
Rasul Paulus menyebut bahwa Roh Kudus adalah jaminan penebusan kita. Dalam bahasa Yunani ialah Arrabon. Kata ini sering dipakai dalam dunia perdagangan Yunani. Arrabon adalah sebagian dari harga beli suatu barang yang dibayarkan lebih dulu sebagai jaminan ( uang muka ) dan sisanya akan dilunasi dalam waktu yang ditentukan. Sebagai contoh : si Moyo membeli rumah seharga  lima ratus juta rupiah. Sebagai tanda jadi si Moyo membayar lima puluh juta rupiah dan sisanya akan dibayarkan kemudian menurut waktu yang disepakati. Uang lima puluh juta adalah arrabon atau jaminan.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang menjadi pesan utama pemberitaan rasul Paulus kepada para pembacanya ? (ayat 9-12).
  2. Apa yang dimaksud dengan kalimat dimateraikan Roh Kudus ? siapa yang dimateraikan ? ( ayat 13-14 ).

Rasul Paulus berbicara kepada orang-orang Yahudi bahwa mereka menerima tugas yang harus mereka lakukan sebagai bagian dari rencana Allah. Mereka adalah orang-orang pertama yang harus percaya akan kedatangan Mesias. Dan tugas yang harus mereka lakukan adalah menjadi bangsa yang ditengah-tengahnya akan datang Mesias. Akan tetapi sesungguhnya Allah mempersiapkan semua orang dan segenap bangsa diseluruh  dunia sehingga pikiran mereka akan siap menerima berita sukacita bila saatnya tiba. Mereka ( orang-orang bukan Yahudi ) telah menerima Firman kebenaran. Dengan Firman itu mereka diperkenalkan dengan kebenaran tentang Allah dan tentang berita sukacita mengenai kasih karunia Allah.

Mereka yang telah percaya kepada Yesus Kristus telah dimateraikan Roh Kudus sehingga orang yang bersangkutan adalah milik Allah. Roh Kudus menyatakan kepada kita kehendak Allah sekaligus memungkinkan kita untuk melaksanakan kehendak itu. Roh Kudus adalah jaminan bahwa umat percaya adalah milik Allah  maksudnya adalah bahwa pengalaman dengan Roh Kudus yang kita terima didunia sekarang ini adalah suatu pendahuluan atas berkat surgawi yang akan kita terima kemudian. Pengalaman sekarang ini adalah jaminan bahwa satu saat nanti kita akan menerima berkat Allah yang selengkapnya. Pengalaman terbesartentang damai dan sukacita Kristen yang kita peroleh dalam dunia ini hanya merupakan pendahuluan yang samar-samar dari damai dan sukacita yang sebenarnya  yang pada satu saat nanti akan kita masuki dalam hidup kekal bersama Tuhan Yesus Kristus. Oleh sebab itu jalanilah hidup sekarang ini dengan iman dan kesetiaan penuh.

REFLEKSI.
Apakah yang membuat saudara tenang dalam menjalani hidup ini ? pengharapan apakah yang terkandung dalam hidup orang beriman yang hidupnya dimateraikan Roh Kudus ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, saya bersyukur karena Roh Kudus telah menjadi jaminan atas damai dan sukacita sejati yang akan Engkau berikan kelak.

TINDAKANKU.
Saya akan menjalani hidup ini dengan tenang dan sukacita karena jaminan dari Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«