suplemenGKI.com

BERSAKSI TENTANG YESUS KRISTUS

Kisah Para Rasul 10:39-43

 

Pengantar
Bagi kita yang telah aktif terlibat dalam berbagai pelayanan, tentu memahami bahwa tidak semua kesempatan pelayanan itu mudah dan menyenangkan. Terkadang para pelayan  menghadapi kesulitan-kesulitan yang tak mudah dihadapi. Yesus pun pernah menghadapi kesulitan bahkan penderitaan dalam pelayanan-Nya di dunia. Namun semua itu justru menjadi peristiwa penting yang menunjukkan betapa besar cinta kasih Tuhan pada manusia hingga Ia rela menderita untuk menyelamatkan manusia berdosa.

Pemahaman 

  • Ayat 39-41 : Mengapa Petrus memulai dengan kisah penderitaan Kristus?
  • Ayat 42-43 : Apakah penderitaan itu menjadi semangat bagi Petrus untuk bersaksi?

Petrus menuturkan kisah tentang penderitaan, kematian dan kebangkitan Kristus dalam rangka mengemban misi penyelamatan manusia dari dosa. Sesungguhnya Kristus mengampuni setiap orang berdosa dan para murid menjadi saksi untuk menceritakan semua kabar indah itu kepada banyak orang. Hal itu pulalah yang diceritakan Petrus kepada Kornelius dan keluarganya. Kesaksian Petrus tentang Kristus dan karya-Nya ini membuat Kornelius semakin yakin bahwa hidupnya harus diarahkan kepada Kristus hingga ia dan keluarganya bertobat dan percaya akan pengampunan yang diberikan Kristus. Mereka pun menyerahkan diri untuk mengikut Kristus.

Petrus menjadi saksi yang memberitakan karya Kristus kepada Kornelius dan keluarganya hingga mereka percaya  pada Kristus. Betapa penting peran Petrus dalam kisah pertobatan Kornelius. Untuk menyelamatkan seseorang yang dipilih-Nya, Tuhan membutuhkan kesediaan para murid menjadi saksi-saksi-Nya. Sesungguhnya di masa kini, Tuhan juga mengutus kita sebagai murid-murid yang siap bersaksi tentang karya kasih Tuhan yang menyelamatkan. Tugas perutusan menjadi saksi Kristus harus kita lakukan walaupun menghadapi pelbagai tantangan dan rintangan.

Refleksi
Marilah mengingat bagian dari kalimat pengutusan yang kita terima dalam kebaktian Minggu: “ Jadilah saksi Kristus!”.   Kita pun menjawab: “ Syukur kepada Allah.” Artinya kita bersyukur karena dipercaya dan diberi kesempatan menjadi saksi Kristus. Apakah dalam kehidupan sehari-hari kita selalu bersemangat menjadi saksi Kristus ? Apakah kita terpanggil untuk dipakai Tuhan sebagai saksi yang memberitakan tentang karya kasih Allah dalam Kristus yang menyelamatkan dunia ini?

Tekadku
Tuhan, berikanlah aku kemampuan dan keberanian untuk bersaksi tentang karya kasih Kristus yang menyelamatkan. Berikanlah pula aku daya juang untuk menjadi saksi Kristus yang tak mudah lelah dan patah walau menghadapi banyak rintangan dan tantangan.

Tindakanku

  • Setiap pagi aku akan menyatakan komitmen siap berkarya menjadi saksi Kristus dan memohon hikmat serta tuntunan Tuhan agar di sepanjang hari ini aku dimampukan bersaksi tentang Kristus dan karya kasihnya yang menyelamatkan
  • Aku akan menulis kesaksian tentang Kristus dalam akun media sosial

Aku akan mewarnai percakapan dengan siapa pun dengan kesaksian tentang karya kasih kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«