suplemenGKI.com

Matius 11:2-6

Yang Terbaik Telah Tiba

Oswald Chambers, seorang direktur Bible Training College di London (1911-1915) sangat menyukai puisi-puisi karangan seorang penulis puisi terkenal yaitu Robert Browning. Dalam banyak ceramah dan khotbah Oswald sering mengutip sebuah atau lebih kalimat dari puisi-puisi Robert Browning. Misalnya pernah mengutip puisi yang berjudul Rabbi Ben Ezra artinya yang terbaik akan tiba, masa depan akan lebih baik dari masa lalu. Karena terpengaruh oleh judul puisi yang dikutipnya, maka Chambers menyebutkan Bible Training College yang dipimpinnya dengan inisial BTC, diartikan sebagai “Better To Come” (yang lebih baik akan tiba) Suatu kali Chambers menulis surat kepada para alumnus BTC, di mana ketika itu sedang terjadi keadaan yang boleh dikatakn sangat suram dan mencekam, karena sedang terjadi kemelut perang dunia pertama. Dia mengatakan dalam suratnya “Apapun yang terjadi, yang terbaik pasti akan tiba” Bagi kita sebagai orang yang percaya Kristus, ungkapan  itu adalah sebuah hal yang benar dan menjadi keyakinan kita, itu menunjukkan tidak adanya keraguan bahwa Kristuslah yang terbaik.

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

1.      Apa yang saudara pahami tentang pertanyaan Yohanes tentang “Siapa Yesus”

2.      Apa yang saudara pahami tentang jawaban Tuhan Yesus tentang diri-Nya?

Renungan:

Pertanyaan Yohanes Pembaptis dalam konteks keMesiasan Kristus memang kelihatan aneh. Sebagian orang mungkin akan menilai bahwa Yohanes ragu akan keMesiasan Yesus atau mungkin ada orang yang menilai bahwa pertanyaan itu hanya sekedar kebutuhan akan sebuah penegasan, karena menyadari hidupnya sudah tidak akan lama lagi. Namun sebenarnya pertanyaan Yohanes itu muncul karena ia mendengar tentang pekerjaan-pekerjaan Yesus (Yesus memanggil kedua belas murid, mengutus mereka, demikian juga soal penganiayaan yang akan dialami oleh pengikut-Nya dan Yesus hadir membawa pemisahan antara yang percaya dengan yang tidak percaya. Ingat akan gandum dan ilalang) Bagi Yohanes, inilah sebuah keadaan yang lebih baik telah tiba. Kesadaran akan keberdosaan dunia maka dibutuhkan yang lebih baik, tegas dan berkuasa yaitu dari Mesias yang adalah Yesus sendiri san Juruselamat sejati.

Jawaban Yesus tidak secara langsung dan gamblang, tetapi melalui apa yang dikerjakan-Nya. Menunjukkan bahwa apa yang telah dilakukan Yesus yaitu melakukan banyak meujizat dan banyak hal diluar kemampuan manusia, itu lebih menjawab kebutuhan keingintahuan Yohanes, sehingga meyakinkannya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan.

Keberdosaan manusia sering menutup pengetahuannya tentang Yesus, keberdosaan manusia sering membingungkannya untuk melihat yang lebih baik dari yang tidak baik. Keberdosaan manusia juga sering membutakannya terhadap apa yang menjadi rencana Allah baginya. Maka jalan terbaik baginya adalah mempercayai Mesias sudah datang dan tidak menolak-Nya dengan cara tidak percaya kepada karya-Nya. Yesus memang tidak Nampak kasat mata hari ini, tetapi karya agung-Nya yang menghidupkan kita yang percaya kepda-Nya telah nyata dengan menjadikan kita anak-anak-Nya. Maka kita dikatakan berbahagia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*