suplemenGKI.com

BERANI MELAWAN ARUS?

2 Petrus 2:1-10a

 

PENGANTAR
Sebagai orang-orang yang telah dibenarkan dalam Kristus, kita semua ingin hidup sebagai orang benar. Namun, ini tidaklah mudah. Ada dua tantangan besar yang biasanya akan kita hadapi. Pertama, kita akan berhadapan dengan orang-orang yang memegang otoritas/ kekuasaan. Kedua, kita juga akan mengalami tekanan sosial dari orang-orang di sekitar kita yang sebagian besar, khususnya mereka yang melakukan kejahatan. Bagaimana Anda menghadapi dua tantangan tersebut?

PEMAHAMAN

Ay. 1-3        Sebutkan empat macam kejahatan yang dilakukan oleh nabi-nabi dan guru-guru yang palsu.

Ay. 4-6        Petrus memberikan tiga contoh hukuman Allah di masa lampau. Sebutkanlah tiga contoh tersebut. Apa tujuan Petrus mengungkapkan hal ini?

Ay. 7-10a   Petrus juga memberikan contoh tindakan Allah yang menyelamatkan orang benar. Apa yang dapat kita pelajari dari bagian ini?

Ada empat hal yang dilakukan oleh guru-guru palsu di zaman rasul Petrus. Pertama, mereka memasukkan pengajaran-pengajaran sesat. Kedua, mereka menyangkal Yesus sebagai Penguasa yang menebus mereka. Ketiga, mereka tidak melakukan kebenaran, melainkan mengikuti hawa nafsu mereka. Keempat, mereka mencari keuntungan untuk diri sendiri. Kehadiran guru-guru palsu ini tentu mempersulit kehidupan orang-orang percaya. Apalagi, banyak orang yang tertarik kepada mereka dan mengikuti cara hidup mereka (ay. 2).

Tentu, Tuhan tidak tinggal diam terhadap mereka. Ada tiga contoh kasus di sepanjang sejarah, di mana Tuhan menghukum mereka yang hidup dengan cara seperti itu. Tiga contoh itu adalah: malaikat-malaikat yang jatuh dalam dosa, orang-orang jahat di zaman Nuh, dan penduduk kota Sodom dan Gomora. Semua contoh ini menyebutkan dosa dan kejahatan yang dilakukan bersama-sama. Contoh ini mengungkapkan kenyataan bahwa kita hidup di antara orang-orang yang berbuat jahat, sekaligus mengingatkan kita agar tidak terpengaruh dengan banyak orang di sekitar kita.

Rasul Petrus juga menegaskan bahwa Tuhan akan menyelamatkan orang-orang yang tetap hidup dalam kebenaran meskipun berada di antara orang-orang jahat. Contohnya adalah Lot. Meskipun bukan orang yang sempurna, Lot berhasil mempertahankan cara hidupnya sebagai orang benar di antara penduduk Sodom dan Gomora yang jahat. Dari kasus Lot ini kita bisa melihat kuasa Tuhan yang bekerja dalam diri orang-orang benar. Kuasa Tuhan juga akan menolong dan menyelamatkan kita bila kita berupaya sekuat tenaga untuk hidup benar, meskipun harus menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan karena banyaknya orang-orang yang berbuat jahat di sekitar kita.

REFLEKSI
Tanpa pertolongan Tuhan, kita tidak akan mampu hidup sebagai orang benar di antara orang-orang yang melakukan kejahatan.

TEKADKU
Tuhan, berikanlah kepadaku keberanian untuk menyatakan dan melakukan kebenaran meskipun aku berada di lingkungan orang-orang yang jahat.

TINDAKANKU
Aku akan mencari cara yang paling bijaksana untuk menyatakan dan melakukan kebenaran di tengah lingkungan pekerjaanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*