suplemenGKI.com

PERCAYA  & MENGAKU

Roma 10:5-15

 

Pengantar
Iman adalah soal percaya kepada TUHAN. Apakah percaya itu cukup dalam hati ataukah harus diungkapkan dalam perkataan pengakuan? Ada orang yang bilang, “saya percaya kepada TUHAN YESUS, walaupun saya tak mengatakannya kepada orang lain”. Apakah ini iman yang sejati? Marilah kita merenungkannya! 

Pemahaman

  • Ayat 5-13             : Apakah perbedaan kebenaran menurut hukum Taurat dan kebenaran karena iman di dalam KRISTUS?
  • Ayat 14-15           : Apakah yang harus dilakukan agar banyak orang percaya kepada KRISTUS?

Dalam Surat Roma kita menemukan penjelasan tentang pembenaran oleh karena Iman. Paulus menjelaskan bagaimana kasih karunia ALLAH melalui iman kepada YESUS KRISTUS menjangkau kepada semua orang yang mau percaya. Maka, keselamatan itu hanya karena anugerah TUHAN semata sehingga tidak ada yang bisa mendapatkan keselamatan karena kebaikan, kemampuan bahkan karena melakukan Hukum Taurat. Semua orang dapat selamat hanya jika percaya kepada YESUS KRISTUS. Dalam ayat 9 dikatakan: “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa YESUS adalah TUHAN dan percaya dalam hatimu bahwa ALLAH telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan di selamatkan”.

Ayat ini mengingatkan kita bahwa percaya dan mengaku adalah dua hal yang tak terpisahkan dan berperan penting dalam kehidupan kekristenan.  Ketika kita percaya kepada YESUS sebagai TUHAN dan Juruselamat serta percaya kepada Firman-Nya, maka dibutuhkan pula sebuah pengakuan yang benar melalui mulut kita.  Pengakuan yang benar itulah buah dari iman yang hidup.  Hal itu menunjukkan bahwa hati dan mulut memiliki fungsi masing-masing dalam keselamatan kita.  Dengan hati kita percaya, tetapi dengan mulut kita pun harus mengaku, dan keduanya harus berjalan secara beriringan, sebab percaya dalam hati saja tidaklah cukup, harus dibuktikan dengan pengakuan melalui mulut kita.  Jadi, apa yang kita percayai harus sejalan dengan yang kita akui dengan mulut kita.  Kepercayaan dan pengakuan kita, itulah yang akan mengarahkan dan menuntun kita kepada keselamatan, kesembuhan, kelepasan dan segala berkat TUHAN kepada kita.

Semoga kita semua menjadi orang-orang yang setia percaya kepada TUHAN YESUS yang telah menyampaikan janji Firman-Nya dan senantiasa memperkatakan Firman TUHAN sebagai wujud pengakuan kita, supaya kuasa Firman-Nya bekerja dan berlaku dalam hidup kita dan hidup banyak orang.

Refleksi
Dalam keheningan ingatlah kembali perjalanan hidup beriman kepada KRISTUS. Apakah di sepanjang perjalanan ini, Saudara telah sungguh-sungguh percaya kepada KRISTUS dan berani mengakui iman percaya itu kepada siapa pun? Apakah Saudara telah menghidupi iman percaya kepada TUHAN YESUS dengan memperkatakan Firman-Nya hingga banyak orang mendengar kabar baik tentang kasih karunia ALLAH yang menyelamatkan?

Tekadku
Ya TUHAN,tolonglah aku untuk menyatakan iman percaya dengan pengakuan yang jelas, termasuk saat aku berada dalam himpitan dan kesulitan hidup, kiranya Roh-Mu membimbing aku untuk tetap setia percaya dan menyatakan pengakuan bahwa Engkaulah Juruselamatku dalam segala aspek kehidupan.

Tindakanku
Setiap hari aku akan belajar memperkatakan atau memberitakan kepada orang lain tentang nilai-nilai iman percaya kepada TUHAN YESUS berdasarkan berita Firman TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«