suplemenGKI.com

Sabtu, 10 Juli 2010

09/07/2010

Kolose 1 : 12 – 14.

SEHARUSNYA KITA BERSYUKUR.

Paulus menyadari bahwa hidup menjadi orang Kristen itu tidak mudah, penuh tantangan dan pada saat itu tak jarang juga harus mengalami penindasan. Jika menjadi orang Kristen hidup penuh penderitaan, apa untungnya menjadi orang Kristen ? Toh jika dipikir baik-baik malah rugi. Benarkah demikian ? mari kita memperhatikan dengan seksama bacaan kita hari ini.

  1. Ayat 12 – 14. Mengapa Paulus mengucap syukur ?
  2. Ayat 12. Apa yang dimaksud dengan kalimat “mendapat bagian ….dalam kerajaan terang” ?
  3. Ayat 13. Apa yang di maksud  dengan  kalimat, “dan memindahkan kita kedalam Kerajaan AnakNya yang kekasih” ?
  4. Ayat 14. Apa artinya di dalam Dia kita memiliki penebusan kita yaitu pengampunan dosa ?

Renungan.

Mengapa terkadang kita sulit untuk mengucap syukur kepada Allah ? Jawabannya adalah, karena kita mengalami dan merasakan bahwa hidup kita ini biasa-biasa saja. Tidak ada sesuatu yang luarbiasa yang terjadi dalam hidup kita, atau sesuatu yang Adikodrati yang terjadi dalam hidup kita. Benarkah demikian ?  padahal hidup kita sendiri terjadi secara luarbiasa, kita masih diberi kesempatan hidup pada hari ini itu sudah sangat luarbiasa ! tapi kita menganggapnya biasa-biasa saja sehingga kita sulit untuk mengucap syukur. Untuk itu rasul Paulus mengajarkan kepada kita bagaimana kita harus mengucap syukur kepada Tuhan atas apa yang sudah Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita.

  1. Kita mengucap syukur karena  Tuhan melayakkan kita mendapat bagian dalam…Kerajaan terang.( ayat 12 ).

Kita sebenarnya adalah orang yang berdosa yang layak mendapat hukuman Tuhan. Akan tetapi Anugerah Allah memungkinkan dan melayakkan kita untuk mendapat bagian masuk kedalam kerajaan Terang. Jika Tuhan melayakkan kita bukan didasarkan kepada kebaikan dan kesalehan kita tetapi oleh AnugerahNya.

  1. Kita mengucap syukur karena Tuhan telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita kedalam Kerajaan AnakNya yang kekasih (ayat 13 ).

Semua manusia hidupnya berada dalam kuasa kegelapan. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, mereka juga tidak tahu kemana mereka harus berjalan. Kehidupan dijalani dalam bayang-bayang kebimbangan dan dalam gelap kebodohan, mereka tidak tahu bahwa hidup mereka berada dalam cengkraman maut dan kebinasaan. sungguh kasihan nasib hidup manusia. Akan tetapi Yesus Kristus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa dan mereka yang hidup dalam cengkraman maut dan kebinasaan, sehingga manusia dapat bernafas lega. Itulah Anugerah Allah didalam Tuhan kita Yesus Kristus. Hidup kita dahulu berada dalam kuasa kegelapan/setan, tapi kini dilepaskan oleh Tuhan kita Yesus Kristus dan kini kita dipindahkan kedalam Kerajaan AnakNya, yaitu Yesus kristus.

  1. Kita mengucap syukur karena di dalam Dia ( Yesus ) kita memiliki penebusan yaitu pengampunan dosa. ( ayat 14 ).

Manusia yang berdosa tidak berhak atas apapun kecuali hukuman Allah, namun melalui karya Tuhan Yesus Kristus manusia menemukan kasih dan pengampunan Allah. Sekarang ia tahu bahwa ia bukan seorang penjahat yang dikutuk didepan pengadilan Allah tetapi seorang anak yang telah ditebus dengan darah yang mahal yaitu darah Yesus Kristus.

Tuhan Yesus Kristus sudah melakukan hal yang sangat luarbiasa kepada kita ( saya dan saudara )oleh sebab itu tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengecap syukur. Amin.

Jika kita mengucap syukur atas apa saja yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita,sesungguhnya kita adalah orang yang tahu berterima kasih”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«